Kabut Asap Riau Mulai Selimuti Batam

Anwar Sadat Guna    •    Senin, 29 Aug 2016 12:47 WIB
kabut asap
Kabut Asap Riau Mulai Selimuti Batam
Foto ilustrasi: Sejumlah pesawat terparkir di Bandara Hang Nadim Batam. (Media Indonesia/Henri Kremer)

Metrotvnews.com, Batam: Kabut asap akibat kebakaran hutan yang terjadi di beberapa kabupaten kota di Provinsi Riau, mulai menyelimuti Batam. Namun kabut asap yang masuk tersebut masih sangat tipis. 

Demikian diungkapkan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim Batam Philip Mustamu kepada Metrotvnews.com, Senin 29 Agustus. 

"Masih sangat tipis, karena angin berembus dari selatan ke utara. Jadi masih kecil kemungkinan kabut asap menyelimuti Batam," kata Philip.

Kabut asap tipis yang masuk ke Batam juga tak mempengaruhi aktivitas di Batam, termasuk Bandara Hang Nadim Batam. 

Jarak pandang, sambung Philip, masih sangat tinggi yakni mencapai 9.000 meter. "Aktivitas masih berlangsung normal seperti biasa. Visibility mencapai 9.000 meter," ujarnya. 

Pihaknya masih akan mengamati perkembangan dalam satu atau dua hari ke depan. Bila arah angin berembus dari barat atau barat daya dan kebakaran hutan masih terjadi di Riau dan Sumsel, besar kemungkinan kabut asap menyelimuti Batam. 

Sekadar diketahui, kebakaran hutan dan lahan yang mulai terjadi di Provinsi Riau kini menyelimuti sejumlah wilayah di daerah itu. Di Kota Dumai, jarak pandang hanya mencapai 200 meter akibat kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir. 

Selain di Dumai, kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan tersebut juga mulai menyelimuti Kota Pekanbaru.


(SAN)