Setelah Bukittinggi, Giliran Kota Padang Digoyang Gempa

   •    Selasa, 27 Sep 2016 16:20 WIB
gempa
Setelah Bukittinggi, Giliran Kota Padang Digoyang Gempa
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Padang: Gempa berkekuatan 4,0 Skala Richter (SR) mengguncang Kota Padang, Sumatera Barat pada Selasa 27 September 2016 pukul 15.12 WIB.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padangpariaman, Budi Samiaji, saat dihubungi Antara dari Padang, menyebutkan pusat gempa berdasarkan peta berada di Kota Padang.

Pusat gempa tersebut lebih tepatnya berada di koordinat 1,33 lintang Selatan dan 100,39 bujur Timur atau 66 kilometer barat daya Kota Solok. "Yakni dengan kedalaman 32 kilometer," ujarnya.

Salah seorang warga Padang, Dini, 26, mengatakan gempa yang terjadi itu hanya sesat daan tidak terasa kuat. "Kira-kira hanya sekitar tiga detik," sebutnya.

Warga lainnya Adiaat, 23, menyebutkan hal serupa bahwa gempa yang dirasakan tersebut tidak begitu kuat, namun menimbulkan kekhawatiran terjadi gempa susulan.

"Tadi tersiar berita gempa di Bukittinggi pada Selasa siang, sekarang d Kota Padang. Jadi cukup mengkhawatirkan," lanjutnya.

Namun, gempa tersebut tidak dirasakan oleh seluruh warga setempat, sebagian dari mereka juga ada yang tidak merasakannya.

Warga Padang lainnya, Iwan, mengaku tidak merasakan gempa tersebut, padahal dirinya sedang berkumpul dengan beberapa rekan lainnya.

Siang tadi terjadi gempa di Kota Bukittinggi dengan kekuatan yang sama yakni pada koordinat 0,24 lintang Selatan dan 100,41 bujur Timur atau tujuh kilometer timur laut Bukittinggi dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 12.38 WIB dan dilaporan terasa oleh warga Bukittinggi, Padang Panjang dan sekitarnya.


(UWA)