Penyangga Jembatan 2 Barelang Rusak usai Ditabrak Kapal Tanker

Anwar Sadat Guna    •    Kamis, 24 Jan 2019 18:55 WIB
kapal
Penyangga Jembatan 2 Barelang Rusak usai Ditabrak Kapal Tanker
Kapal tanker menabrak Jembatan II Barelang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu, 23 Januari 2019 sekitar pukul 14.30 WIB. Medcom.id.Anwar

Batam: Tim teknis dari Badan Pengusahaan (BP) Batam telah melakukan pengecekan visual kondisi Jembatan 2 Barelang usai ditabrak kapal MV Eastern Glory, Rabu, 23 Januari 2019. Hasilnya, terdapat beberapa kerusakan di bagian jembatan. 

Kepala Sub Direktorat Pembangunan Jalan dan Jembatan BP Batam, Boy Zasmita, mengatakan, tim sudah turun ke lokasi dan menemukan ada beberapa kerusakan pada bagian jembatan yang ditabrak kapal tanker tersebut. 

"Hasil pengecekan visual kami, ada bagian jembatan yang tergores dan pecah, yakni di bagian penyangga dan pondasi jembatan. Ada kerusakan pada bagian sisinya usai ditabrak oleh kapal tersebut," ujar Boy kepada Medcom.id, Kamis, 24 Januari 2019. 

Ia menjelaskan bahwa hasil pengecekan visual tersebut nantinya akan disinkronkan dengan pengecekan secara struktur yang juga melibatkan ahli jembatan dari Kementerian PUPR. 

Selain itu Boy menambahkan, pengecekan secara struktur dibutuhkan untuk memastikan apakah ada elemen maupun struktur jembatan yang bergeser atau tidak. "Dari pengecekan visual kami tak ada pergeseran struktur, namun untuk lebih memastikan harus dilakukan pengecekan struktur oleh ahlinya," ujar Boy.

Meski Jembatan 2 Barelang dinyatakan masih layak digunakan, BP Batam ingin lebih memastikan lagi kekuatan strukturnya.

Baca: Kapal Tanker Tabrak Jembatan 2 Barelang Batam

"Kami tak ingin main-main terkait hal ini, makanya dibutuhkan penyelidikan lebih lanjut dengan mengecek struktur jembatan. Mungkin dibutuhkan waktu sekitar satu bulan memperbaiki kondisi jembatan seperti semula," pungkasnya. 

Sebuah kapal tanker Eastern Glory menabrak Jembatan 2 Barelang, Rabu, 23 Januari 2019 sekitar pukul 14.30 WIB.  Kapal itu sebelumnya lego jangkar di pelabuhan yang berada tak jauh dari jembatan. Kapal tersebut terbawa arus lalu menabrak jembatan.   


(ALB)