BPOM Temukan 14 buah Mi Samyang di Medan

Farida Noris    •    Rabu, 21 Jun 2017 17:39 WIB
bpom
BPOM Temukan 14 buah Mi Samyang di Medan
Foto Istimewa

Metrotvnews.com, Medan: Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Medan menemukan 14 buah produk mi asal Korea yang mengandung fragmen DNA babi. Mi yang tidak memenuhi izin edar itu langsung ditarik peredarannya.

"Terkait Mi Samyang, dari seluruh sarana yang sudah kita sasar, ada ditemukan 14 buah saja pada satu toko produk Mi Udong yang termasuk jenis bermasalah tersebut," kata Kepala BBPOM Medan, Yulius Sacramento Tarigan, Rabu 21 Juni 2017.

Dia menambahkan, penemuan itu setelah BBPOM Medan menyasar sejumlah sarana yang ada di Medan. Kecilnya jumlah penemuan itu, karena merupakan sisa-sisa produk. Sebab sesuai informasi yang didapat, produk mi itu sudah lama tidak ada tambahan pasokan lagi.

"Sepertinya jumlah yang kecil tersebut karena merupakan sisa-sisa produk. Karena produk mi ini sudah lama tidak ada lagi masuk tambahan," jelasnya.

Sacramento tetap mengimbau, agar masyarakat dalam setiap pembelian produk supaya selalu melakukan pengecekan berupa cek kemasan, label, izin edar, serta kedarluwarsa (KLIK). Pedagang juga diminta menghindari produk ilegal karena tidak terjamin keamanan, mutu, dan manfaatnya.

"Selain itu supaya selalu mewaspadai modus sistem bonus yang mungkin disisipi serta tidak menempatkan barang makanan dengan barang bukan makanan, karena akan beresiko tercemar. Produsen, supaya selalu perhatikan bahan baku yang terdaftar, dan juga pilih pemasok yang dikenal," ujarnya.


(ALB)