Banjir Kepung Belitung Timur, Akses Jalan dan Jembatan Putus

Rendy Ferdiansyah    •    Minggu, 16 Jul 2017 13:04 WIB
banjir
Banjir Kepung Belitung Timur, Akses Jalan dan Jembatan Putus
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Rizal)

Metrotvnews.com, Belitung: Hujan ringan yang mengguyur pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung, sejak Jumat hingga Minggu 16 Juli 2017 siang, menyebabkan hampir seluruh kecamatan di Belitung Timur terendam banjir. Selain itu akses jalan dan jembatan putus.

Komandan Pos Sarnas Kabupaten Belitung, Supani, mengatakan, titik terparah banjir, berada di arah jalan menuju ke Tanjung Pandan Belitung. Tepatnya di sekitar jembatan Buding, desa Mempayak, Reginang, Sukamandi, Senyubuk, Kulong Minyak, Ngarawan, Kurniajaya dan Bentaian.

"Rata-rata untuk ketinggian air saat ini bervariasi mulai dari satu hingga tiga meter," kata Supani, seperti dikutip Media Indonesia.

Supani mengatakan, akses jalan menuju Beltim dari Tanjung Pandan hingga sekarang belum bisa dilalui semua kendaraan. Aktivitas warga Beltim lumpuh.

Menurut laporan warga, kata Supani, bendungan Pice mengalami retak. Namun Supani mengaku timnya belum melihat langsung. Apabila jebol, dipastikan seluruh Beltim akan terendam.

"Infonya benton bendungan retak, tapi kita belum cek, kalau bendungan Pice ini jebol ribuan rumah akan terendam, untuk sekarang status bendungan Pice siaga," ucap Supani.

Tim gabungan, Basarnas, BPBD, Tagana, Polri/TNI dan masyarakat sedang melakukan evakuasi.

"Beberapa warga yang rumahnya terendam hingga 2-3 meter harus kita evakuasi, sekarang ini kondisi Belitung masih di guyur hujan lebat," terangnya.

Sementara, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan dirinya sudah menginstruksikan kepala dinas Pekerjaan Umum (PU) dan kadis BPBD untuk meninjau langsung lokasi Banjir ke Belitung dan Belitung Timur.

"BPBD juga sudah di sana," kata Erzaldi yang mengaku cemas kondisi Beltim.

Menurut Erzaldi, dirinya sudah menginstruksikan provinsi untuk bergerak membantu korban banjir. "Kami sudah minta bergerak, jangan sampai tumpang tindih, apa yang bisa dilakukan, lakukan dulu," ujarnya.

Erzaldi juga mengaku telah mendapat informasi soal penundaan penerbangan akibat cuaca buruk di Tanjung Pandan Belitung. 

"Banjir tidak hanya terjadi di Belitung dan Beltim, tapi juga terjadi di Bangka Tengah di Lubuk BNPB sudah turun, termasuk PU, kemarin sudah berkoordinasi ada jembatan putus," tutur dia.


(SAN)