Dinas Kesehatan Aceh Barat Bagikan 10 Ribu Masker

Nurul Fajri    •    Kamis, 27 Jul 2017 15:47 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Dinas Kesehatan Aceh Barat Bagikan 10 Ribu Masker
Warga menutup hidungnya saat melintasi jalanan di Kabupaten Aceh Barat yang diselimuti kabut asap tebal, Kamis (27/7/2017).

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Untuk mencegah bertambahnya masyarakat yang mengalami inspeksi saluran pernafasan atau ISPA, Dinas Kesehatan Aceh membagikan 10 ribu masker bagi masyarakat dan pengguna jalan. Hal tersebut dilakukan karena kabut asap masih menyelimuti wilayah Aceh Barat, terutama Kota Meulaboh.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat, Lutfi mengatakan pihaknya menyediakan masker bagi masyakarat, terutama pengendara roda dua yang melintas.

"Kita bagikan saat kabut asap tebal pagi tadi, terutama bagi pengendara bermotor. Ini salah satu antisipasi untuk warga," ujar Lutfi kepada Metrotvnews.com, Kamis 27 Juli 2017.

Hingga saat ini pihaknya masih mendata jumlah masyarakat yang menderita ISPA akibat kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan gambut. Sebelumnya dilaporkan 23 masyarakat harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien karena mengalami sesak nafas akibat asap pekat.

Lutfi mengatakan saat ini untuk kasus ISPA ringan, warga masih mampu ditangani pihak dokter di tingkat puskesmas. Jika ada temuan masyarakat yang menderita radang paru, tim dokter akan langsung merujuk pasien untuk ditangani secara intensif di rumah sakit daerah.

"Selama kabut asap ini, tenaga medis akan standby 24 jam di Puskesmas dan Rumah Sakit," kata dia.



(ALB)