Mal Pelayanan Publik Batam Segera Diresmikan

Anwar Sadat Guna    •    Selasa, 12 Dec 2017 17:42 WIB
pelayanan publik
Mal Pelayanan Publik Batam Segera Diresmikan
Suasana di dalam Mal Pelayanan Publik di Gedung Sumatera Expo, Batam, Rabu, 22 November 2017.

Batam: Mall Pelayanan Publik (MPP) Batam baka diresmikan Kamis 14 Desember 2017. Peresmian rencananya bakal dilakukan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Rencana peresmian MPP Batam oleh Wapres Jusuf Kalla disampaikan oleh Kapenrem 033/Wira Pratama Mayor Inf A.R Sipahutar. Ia mengatakan, rencana kunjungan Wapres Jusuf Kalla (JK) sedang dibahas bersama FKPD dan unsur Muspida terkait di Gedung Grha Kepri, Batam Centre. 

"Saat ini sedang diadakan rapat membahas kunjungan Wapres RI, di Gedung Graha Kepri," ujar Sipahutar kepada Medcom, id, Selasa, 12 Desember 2107. 

Selain meresmikan MPP, Wapres JK juga dijadwalkan akan meresmikan flyover Simpang Jam, Kota Batam. Flyover sepanjang sekira 350 meter ini merupakan flyover pertama di Batam untuk mengurai kemacetan di Simpang Jam. 

Kepala Badan Penanaman Modal-Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Kota Batam, Gustian Riau mengatakan, pembangunan MPP telah rampung dan siap melayani berbagai perizinan di Kota Batam. Sekira 400 perizinan dari berbagai instansi akan dilayani di MPP Batam.

Instansi tersebut, sambung Gustian, antara lain; BPM-PTSP Pemko Batam, PTSP Badan Pengusahaan (BP) Batam, Imigrasi, Bea dan Cukai, Direktorat Jenderal Pajak Kanwil Batam, Imigrasi, BPJS, Polresta Barelang dan beberapa instansi lainnya. 

"Seluruh pengurusan dokumen perizinan dilakukan secara online dan terintegrasi. Ini untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada investor atau pelaku usaha, maupun masyarakat Batam," ujar Gustian saat ditemui di gedung Sumatera Expo, Kota Batam. 

"MPP Batam sudah mulai beroperasi dan siap diresmikan. Berbagai persiapan pun sudah kami lakukan untuk menyukseskan acara peresmian ini," tambahnya.  

Peresmian MPP dan Simpang Jam, Kota Batam, sedianya akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo. Namun Presiden Jokowi batal berkunjung ke Batam karena harus menghadiri Pertemuan OKI di Istanbul, Turki membahas perkembangan yang terjadi di Yerussalem. 

"Peresmian yang sedianya akan dilakukan Presiden RI Joko Widodo akan digantikan oleh Wapres RI Jusuf Kalla," pungkas Sipahutar. 


(ALB)