Diduga Keracunan, Satu Tewas dan Puluhan Warga Harus Dirawat

Budi Warsito    •    Selasa, 18 Oct 2016 14:16 WIB
keracunan makanan
Diduga Keracunan, Satu Tewas dan Puluhan Warga Harus Dirawat
Ilustrasi keracunan makanan (Foto: MI/Abdus Syukur)

Metrotvnews.com, Deli Serdang: Satu orang meninggal dunia dan puluhan warga lainnya harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Diduga, warga Dusun Sri Mulya B, Desa Sumber Rejo Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), mengalami keracunan makanan.

Kapolres Deli Serdang AKBP Robert Da Costa mengatakan, ada 36 warga yang sedang dirawat di tiga tempat yaitu, RSUD Lubuk Pakam, RS Sari Mutiara Lubuk Pakam dan Puskesmas Pagar Merbau.

"Rinciannya, 13 orang diopname di RSUD Lubuk Pakam‎, 21 orang warga di RS Sari Mutiara Lubuk Pakam dan ‎2 orang di Puskesmas Pagar Merbau," kata AKBP Robert Da Costa, Selasa (18/10/2016).

‎"Korban meninggal dunia bernama Misriani, berusia 40 tahun," imbuhnya.

Robert menjelaskan, kejadian tersebut bermula dari hajatan di salah satu rumah warga, Sabtu 15 Oktober 2016. Warga di Dusun Sri Mulya B, Desa Sumber Rejo pun diundang. Usai hajatan, warga yang datang ke acara tersebut diberikan bungkusan makanan untuk disantap di rumah. 

"Keesokan harinya, warga yang menikmati makanan yang dibawa pulang itu mengalami sakit perut. Namun, tidak segera ke Puskesmas, hanya meminum obat yang dibeli dari warung,"  ujar Robert.

Pada Senin, 17 Oktober 2016 siang, salah seorang warga sempat di rawat di Rumah Sakit Grand Medistra Lubuk Pakam, Deli Serdang. Selama 5 jam di rumah sakit, warga bernama Misriani ini tidak tertolong dan meninggal dunia.

Terkait peristiwa tersebut, Kapolres Deli Serdang mengatakan telah memeriksa barang bukti makanan yang diduga menjadi penyebab keracunan. 

"Kita meminta kepada keluarga yang meninggal dunia untuk dilakukan autopsi. Namun pihak keluarga keberatan sehingga dibuat surat pernyataan terkait hal itu. Kita juga sedang memintai keterangan kepada yang punya hajatan," pungkas Robert.


(MEL)