Serabi Jadi Sajian Pembuka Unduh Mantu Kahiyang-Bobby

LB Ciputri Hutabarat    •    Jumat, 24 Nov 2017 09:49 WIB
pernikahan kahiyang-bobby
Serabi Jadi Sajian Pembuka Unduh Mantu Kahiyang-Bobby
Serabi, makanan khas Solo menjadi sajian pembuka di acara unduh mantu Kahiyang-Bobby di Medan, Jumat, 24 November 2017, MTVN - Citra

Medan: Beragam makanan disajikan untuk menjamu tamu acara adat unduh mantu pernikahan putri Presiden RI Joko Widodo, Bobby Nasution-Kahiyang Ayu Siregar, yang dimulai pada Jumat, 24 November 2017. Bukan hanya sajian khas Sumatera Utara, makanan dari Solo, Jawa Tengah, daerah asal Kahiyang. Sajian itu ditata di meja.

Beberapa piring berisi serabi siap disantap. Serabi merupakan makanan khas masyarakat Solo. Makanan berbahan tepung beras, air kelapa, ragi itu disantap dengan kuah gula jawa bercampur santan.

Serabi dan teh aray kopi menjadi sajian pembuka. Selanjutnya, para tamu mendapat suguhan soto medan. Ayam suwir dan perkedel menjadi pelengkap sajian dalam mangkuk.

"Soto medannya enak. Pakai perkedel juga jadi gurih," kata Afdhol, tamu dalam acara yang berlangsung di rumah Bobby di kawasan Bukit Regency Hijau Medan, Sumatera Utara.

Sementara tamu menyantap hidangan, keluarga besar Nasution-Siregar melakukan beragam tahapan adat unduh mantu. Sekitar pukul 06.00 WIB, keluarga menyembelih kerbau sebagai pemula acara. 


(Keluarga dan Raja Adat menjalankan prosesi unduh mantu Kahiyang-Bobby di Medan, Jumat, 24 November 2017, MTVN - Citra)

Setelah itu, keluarga berkumpul di halaman rumah dan menjalankan beragam tahapan acara. Sekitar pukul 09.00 WIB, keluarga besar Nasution-Siregar manortor atau menari. 

Alunan Gondang Mandailing menyemarakkan acara adat. Keluarga dan Raja Adat manortor atau menari di tengah-tengah lokasi acara. Tamu juga dapat ikut manortor sebagai bagian dari rangkaian acara adat.


(RRN)