10 Titik Panas Muncul di Aceh

Antara    •    Rabu, 18 Oct 2017 20:31 WIB
kebakaran lahan dan hutan
10 Titik Panas Muncul di Aceh
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Banda Aceh: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas I Blang Bintang, menyebutkan, sebanyak 10 titik panas muncul di wilayah tersebut. 10 titik panas itu terpantau di enam kabupaten di Provinsi Aceh.

"Sore ini, terdeteksi oleh satelit ada 10 hotspot (titik panas) di Aceh," ucap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Kelas I Blang Bintang, Zakaria di Aceh Besar, Rabu 18 Oktober 2017.

Dari total titik panas itu, dia merinci, sebanyak tiga titik di antaranya berada di Bener Meriah dengan lokasi penyebaran di dua kecamatan, yakni di Kecamatan Syiah Utama dua titik, dan Kecamatan Pintu Rimagayo satu titik.

Lalu di Gayo Lues dan Nagan Raya sama-sama menyumbang dua titik panas di tiga kecamatan yaitu Tripe Jaya dua titik, dan Beutong serta Darul Makmur masing-masing satu titik.

Sisanya, lanjutnya, tiga titik panas lagi tersebar di tiga kabupaten yakni wilayah Aceh Selatan, Aceh Barat, dan Aceh Besar.

"Kecamatan Bakongan di Aceh Selatan, Arongan Lambaek untuk Aceh Barat, dan Seulimun di Aceh Besar," katanya.

"Mayoritas titik panas memiliki tingkat kepercayaan kebakaran hutan dan lahan di atas angka 61 persen hingga 87 persen," terang Zakaria.

Deputi Bidang Meteorogi BMKG, Yunus S Swarinoto telah mengingatkan, wilayah di Aceh perlu mewaspadai kemunculan titik panas akibat meningkatnya intensitas cuaca kering.

BMKG Aceh sudah mengungkapkan, titik panas sangat memungkinkan terjadi. Karena beberapa kabupaten, terutama bagian Barat-Selatan di Aceh adalah daerah non zoom atau tidak kenal musim.

"Meski begitu, kondisi cuaca tidak akan menyebabkan terjadinya kebakaran lahan dan hutan. Jika tidak ada faktor manusia yang melakukan pembakaran," paparnya.



(ALB)