Pohon Bertumbangan di Medan Usai Hujan Deras dan Angin Kencang

Farida Noris    •    Kamis, 13 Jul 2017 21:23 WIB
hujan
Pohon Bertumbangan di Medan Usai Hujan Deras dan Angin Kencang
Sejumlah pohon di Medan tumbang dan rusak rumah warga di Medan usai diterjang hujan dan angin kencang --MTVN/Farida--

Metrotvnews.com, Medan: Hujan deras yang mengguyur Kota Medan disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang di sejumlah lokasi di Kota Medan. Tak hanya itu, beberapa rumah warga juga mengalami kerusakan akibat ditimpa pohon tumbang.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Kamis 13 Juli 2017 malam, pohon tumbang terjadi di seputaran Kantor Lurah Paya Pasir Medan Marelan, Seputaran Polda Sumut Medan Amplas dan Jalan Yos Sudarso tepatnya di depan Kantor Camat Medan Labuhan.

"Dari data sementara, ada pohon tumbang di tiga lokasi itu. Tim BPBD dibantu pihak kecamatan, Dinas Pertamanan dan Kebersihan serta warga sedang pengerjaan secara manual untuk menebang pohon," kata Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Muhammad Yunus.



Pohon tumbang menyebabkan arus lalu lintas tersendat. Guna mengantisipasinya, petugas terpaksa menggunakan satu jalur dengan sistem buka tutup. Bahkan pemotongan pohon tumbang oleh Dinas Pertamanan juga terhambat oleh hujan deras di seputaran Jalan Yos Sudarso Medan.

"Sedangkan pohon tumbang di Jalan Lintas Medan-Tanjung Morawa KM.9,5 Kelurahan Timbang Deli Medan Amplas sedang pengerjaan oleh petugas Dinas Pertamanan dan Kebersihan. Lalu lintas sudah bisa dilalui namun masih padat," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk rumah yang mengalami kerusakan parah terjadi di Jalan Dame Gang Timbul No 2 Lingkungan XIV Kelurahan Timbang Deli, Kecamatan Medan Amplas. Di lokasi ini, satu unit rumah rusak akibat tertimpa pohon tumbang dan dua unit rumah lainnya disapu angin kencang

"Kita masih data berapa rumah yang rusak. Angin kencang juga merusak rumah makan di Jalan Dame. Untuk korban jiwa, belum ada laporan. Saat ini, tim masih bekerja melakukan pendataan," bebernya.

Sejak sepekan terakhir, hujan deras dan angin kencang melanda sejumlah wilayah di Sumatera Utara. Hujan terjadi dari sore hingga malam hari. Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) juga telah mengeluarkan peringatan dini pada 13 Juli 2017 bahwa sejumlah wilayah masih berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat/petir.

"Pada pukul 19.00 WIB di wilayah Medan, Karo, Dairi, Pakpak Barat, Simalungun, Deli Serdang, Langkat, Labura dan sekitarnya. Kondisi ini akan berlangsung hingga pukul 21.00 WIB dan meluas ke wilayah Toba Samosir, Samosir, Taput, Tapsel dan sekitarnya," kata Kabid Data & Informasi BMKG Wilayah I Medan Syahnan.



(ALB)