RSUD Dr Pirngadi Bakal Menjadi Pusat Pelayanan Kesehatan Regional

Farida Noris    •    Jumat, 14 Jul 2017 09:56 WIB
fasilitas kesehatan
RSUD Dr Pirngadi Bakal Menjadi Pusat Pelayanan Kesehatan Regional
RSUD Dr Pirngadi Medan, Sumatera Utara -- istimewa

Metrotvnews.com, Medan: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi Medan akan dibangun dan dikembangkan menjadi pusat pelayanan kesehatan regional masyarakat Sumatera Utara. Kualitas medis, kapasitas, serta layanan operasional di rumah sakit milik Pemkot Medan ini diharapkan bisa menekan jumlah masyarakat Sumut yang berobat ke luar negeri.

"Perbaikan pelayanan serta SDM para tim medis diharapkan mampu bersaing dengan rumah sakit lain, terutama di luar negeri. Jadi, warga Sumut percaya berobat ke rumah sakit ini dan tidak lagi ke luar negeri," kata Direktur RSUD Dr Pirngadi Medan Edwin Efendi, Jumat 14 Juli 2017.

Menurut Edwin, peningkatan kualitas rumah sakit dilakukan melalui renovasi bangunan dan konstruksi gedung baru. Pelayanan medis terdepan akan diberikan bagi seluruh pasien.

"Kita ingin betul-betul mengelola rumah sakit sesuai dengan kebutuhan masyarakat, baik kelas menengah maupun kurang mampu," tuturnya.

Edwin mengatakan, pembangunan dan pengembangan RSUD Dr Pirngadi Medan akan dimulai pada 2018 melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dalam penyediaan infrastruktur, termasuk di bidang sosial. Saat ini, sudah banyak investor yang tertarik bekerjasama dalam proyek yang ditaksir memakan biaya hingga Rp600 miliar itu.

"Rencana KPBU ini sudah didiskusikan dengan pemerintah pusat sejak awal Januari 2016. Kita manfaatkan kerjasama pemerintah dan swasta. Tapi tidak seperti pola lama, karena ini ada pendampinan dari pusat," cetusnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Medan Wiriya Alrahman menambahkan, pembangunan dan pengembangan RSUD Dr Pirngadi Medan dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pasien. Pelayanan medis canggih dan kenyamanan akan lebih baik dibandingkan dengan yang ada sekarang.

"Selain itu, kinerja keuangan rumah sakit juga akan meningkat karena ada penambahan pendapatan dari proyek ini," urainya.


(NIN)