Tiap Bulan, Pekanbaru Hasilkan 1.260 Ton Sampah Plastik

   •    Rabu, 02 Aug 2017 13:33 WIB
sampah
Tiap Bulan, Pekanbaru Hasilkan 1.260 Ton Sampah Plastik
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Pemerintah Kota Pekanbaru berharap pelaku usaha dari sektor swasta untuk membantu program pemerintah dalam mengelola sampah, khususnya plastik. Karena, masyarakat di Ibu Kota Provinsi Riau itu rata-rata memproduksi 1.260 ton limbah plastik dalam sebulan.

"Yang kita harapkan pengusaha bantu masyarakat dalam sampah. Sampah seharusnya bukan jadi momok, tapi bisa jadi nilai yang berharga," kata Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru, Zulfikri, dikutip Antara, saat meresmikan Rumah Kelola Sampah di Kelurahan Tangkerang Barat, Pekanbaru, Rabu, 2 Agustus 2017.

Zulfikri mengatakan, dalam sehari Kota Pekanbaru menghasilkan 42 ton sampah plastik. Jumlah itu sekitar 20 persen dari total produksi limbah perhari. Artinya, daerah berjuluk "Kota Madani" ini memproduksi 1.260 ton sampah plastik perbulan, dari total 6.300 ton sampah secara keseluruhan.

"42 ton per hari sampah plastik dibuang ke lingkungan, itu 20 persen dari sampah yang ada. Kalau tak dikelola dengan baik, dampaknya sangat besar ke lingkungan," katanya.

Ia menyayangkan masih banyak warga Pekanbaru yang menganggap remeh sampah dengan membuangnya sembarangan, dan tak acuh dampaknya bagi lingkungan serta anak-cucu mereka.

"Banyak kejadian karena sampah dikota ini. Sebelum Lebaran lalu, banjir sampai ke perumahan dan salah satu hotel yang tidak pernah sebelumnya kebanjiran sampai ke basement masuk air dan mobil-mobil rusak dibuatnya. Itu semua karena sampah," katanya.

Rumah Kelola Sampah digagas oleh Giant anak usaha Hero Group. GM Corporate Affairs Giant, Tony Mampuk, menjelaskan program ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah Indonesia Bebas Sampah 2020.


(SAN)