Hati-hati, Banyak Lubang di Jalintim Sumatera

Alwi Alim    •    Selasa, 20 Jun 2017 18:02 WIB
mudik lebaran 2017
Hati-hati, Banyak Lubang di Jalintim Sumatera
Kondisi Jalintim yanh dilintasi para pemudik dan mobil angkut, MTVN - Alwi

Metrotvnews.com, Palembang: Jalur Lintas Timur (Jalintim) Sumatera menjadi salah satu rute bagi pemudik. Namun lubang menghiasi jalan dan pemudik wajib berhati-hati.

Jalintim membentang mulai dari Lampung, Jambi, hingga Sumatera Selatan dengan panjang jalur kurang lebih 634,25 kilometer. Jalur memiliki badan jalan dengan lebar sekitar 8 sampai 10 meter. 

Kepala Satuan Kerja PJN Wilayah 1 BBPJN V, Dedi Mandarsyah mengaku masih menemukan lubang di jalur tersebut. Jarak antar lubang kurang lebih ada yang 1 meter sampai 6 meter karena sifat lubang tak menentu.

Dedi mengatakan 40 lubang muncul setiap hari. Ukuran diameternya bervariasi mulai dari 5 cm hingga 20 cm.

"Lubang-lubang itu muncul akibat banyak kendaraan yang melintas. Tapi tak mengganggu kelancaran arus lalu lintas," ungkap Dedi saat meninjau langsung Jalintum di wilayah Kayuagung, OKI Sumsel, Senin 19 Juni 2017.

Jalintim di wilayah Sumatera Selatan melintasi daerah Prabumulih, Muaraenim hingga batas Jambi dan Lampung, Jalur tersebut mencapai panjang 634,25 kilometer.

Saat ini, kata Dedi, petugas PPK tengah memperbaiki kondisi jalan di sekitar Betung yang berbatasan dengan provinsi Jambi. Perbaikan juga dilakukan mulai dari Kayuagung hingga batas provinsi Lampung.

"Untuk total dana perbaikan Rp55,5 miliar itu termasuk penambalan. Perbaikan sifatnya sementara, untuk pengerjaan full akan dilakukan usai lebaran," tegasnya.

Selain itu, Dedi mengatakan pemerintah membangun posko mudik di beberapa lokasi yaitu di
Kayuagung batas Lampung itu 1 posko, kemudian dari Betung batas Jambi ada 2 posko di km 94 dan di km 140 an. Alat berat disiagakan seperti dump truck. Tujuannya menangani bencana yang bisa saja terjadi di jalur tersebut.

Ia menghimbau kepada para pemudik untuk berhati-hati terutama di tikungan tajam. Ia mengklaim di Jalintim itu tidam ada jalur yang rawan, hanya saja ada pasar tumpah seperti di Betung,  Sungai Lilin dan beberapa tempat lainnya.

"Kami telah berkoordinasi agar pasar tumpah ini tidak mengganggu, kami juga berharap pemudik untik berhati-hati karena jalan masih bergelombang," pungkasnya.


(RRN)