Semua Posko Pengungsi Sinabung akan Ditutup

Budi Warsito    •    Rabu, 19 Jul 2017 17:18 WIB
pengungsi sinabung
Semua Posko Pengungsi Sinabung akan Ditutup
Pengungsi korban erupsi gunung Sinabung di Karo, Sumut. (Media Indonesia/Adam Dwi)

Metrotvnews.com, Karo: Penutupan posko pengungsian korban erupsi gunung Sinabung di sejumlah lokasi di Kabupaten Karo, Sumatera Selatan akan dilakukan dalam waktu dekat. Penutupan dimaksudkan agar masyarakat lekas mandiri.

Kepastian itu disampaikan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Karo, Natanael Perangin-angin, Rabu, 19 Juli 2017. Kendati begitu, penutupan posko dilakukan setelah BPBD Karo memenuhi hak-hak warga.

Dia menegaskan penutupan sebagai upaya percepatan pembangunan hunian sementara serta pemberian sewa lahan dan rumah. Dia berharap penutupan delapan posko itu bisa membuat masyarakat hidup mandiri.

‎"Artinya kita mandirikan mereka agar tak mengharap terus dari pengungsian," katanya.

Menurut kalkulasinya, biaya pemandirian warga lebih efisien ketimbang penanganan di pengungsian. Konflik antar pengungsi maupun dengan warga sekitar posko juga bisa dihindari bila ada program pemandirian.

Namun, penutupan posko, kata dia, perlu dukungan BNPB selaku penyandang anggaran. "Kalau disetujui, September atau Oktober 2017 posko sudah kita zerokan (kosongkan)," papar Natanael.

Saat ini, katanya, jumlah warga di delapan posko berjumlah 2.000 kepala keluarga dengan belasan ribu jiwa.

"Yang tinggal di posko sekitar 70 persen. Tapi yang di luar posko juga masih tetap meminta bantuan dari kita. Jadinya, Jumlah pengungsi sekitar 2.000 KK‎," katanya.‎


(SAN)