Titik Api Terpantau di Bengkalis

Anwar Sadat Guna    •    Rabu, 26 Jul 2017 18:40 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Titik Api Terpantau di Bengkalis
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman bersama Kalaksa BPBD dan Satgas Karhutla memadamkan karhutla di Kabupaten Bengkalis, Riau, Rabu 26 Juli 2017.

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih menyelimuti Provinsi Riau. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau bersama Satgas Karhutla saat ini berupaya memadamkan titik api di Desa Pematang Pudu, Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, Rabu, 26 Juli 2017.

Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger, mengatakan, operasi water bombing atau bom air dan patroli udara karhutla dilanjutkan untuk memadamkan titik api yang ada di Kabupaten Bengkalis.

"Dalam operasi water bombing dan patroli udara ini, Gubernur Riau turun langsung ke lapangan bersama Satgas Karhutla dan Kalaksa BPBD Riau memadamkan titik api di Desa Pematang Pudu, Mandau, Kabupaten Bengkalis," ujat Edwar kepada Metrotvnews.com, Rabu, 26 Juli 2017.

Di lokasi, sambung Edwar, upaya pemadaman juga sedang dilakukan oleh tim darat dari jajaran TNI-Polri, Damkar dan BPBD Kabupaten Bengkalis.

Area yang terbakar, menurutnya, cukup luas sehingga membutuhkan banyak personel untuk melakukan pemadaman. 

"Pemadaman melalui udara dibantu oleh Heli water bombing Sikorsky dan Heli jenis MI 171. Sampai sore ini, areal yang terbakar sudah dapat dikendalikan oleh Tim Satgas Karhutla," ujarnya. 

Diberitakan sebelumnya, kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di beberapa wilayah di Provinsi Riau, Selasa, 25 Juli 2017. BPBD Riau bersama Tim Satgas Karhutla mengidentifikasi sebanyak 6 hingga 8 titik api tersebar di empat kabupaten di Provinsi Riau, yakni Kabupaten Bengkalis, Pelalawan, Rokan Hulu dan Rokan Hilir. 

Operasi pemadaman langsung dilakukan dengan mengerahkan beberapa Helikopter Water Bombing atau bom air bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 



(ALB)