Gempa 5,4 SR Mentawai tak Berpotensi Tsunami

Antara    •    Rabu, 16 Aug 2017 12:30 WIB
gempa bumi
Gempa 5,4 SR Mentawai tak Berpotensi Tsunami
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Rizal)

Metrotvnews.com, Padang: Gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter mengguncang Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada pukul 11.09 WIB, Rabu, 16 Agustus 2017. Getaran gempa dirasakan hingga ke kota Padang.

"Gempa berpusat di 2.30 lintang selatan, 99.84 bujur timur dengan kedalaman 22 kilometer dan tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Padang Panjang Rahmat Triyono saat dikonfirmasi dari Padang.

Ia menyampaikan pusat gempa berlokasi di 44 kilometer Tenggara Mentawai, 133 kilometer Barat Daya Pesisir Selatan, 160 kilometer barat daya Pasaman Barat dan 173 kilometer Barat Daya Padang.

Ia memaparkan guncangan gempa juga dirasakan di sejumlah wilayah di Sumbar antara lain Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Padang, Painan, Tuapejat, dan Sawahlunto.

Sementara sejumlah warga Padang mengakui getaran gempa dirasakan cukup kuat.

"Saya sedang di kantor tiba-tiba kaca bergetar sehingga langsung lari ke luar," kata salah seorang warga Padang Khairunisa.

Berdasarkan pantauan gempa membuat warga yang sedang beraktivitas keluar rumah untuk menyelamatkan diri karena khawatir tertimpa reruntuhan.

Sementara Pakar Gempa Universitas Andalas Padang Badrul Mustafa menilai kesadaran warga Padang terhadap gempa sudah lebih baik dari sebelumnya.

Dulu gempa dengan kekuatan II MMI saja warga suah panik dan berhamburan ke luar rumah serta memenuhi jalan-jalan untuk melakukan evakuasi.

Namun belajar dari beberapa kali gempa terakhir warga terlihat tenang saja bahkan di Pantai Padang setelah gempa terjadi warga tetap beraktivitas seperi biasa, lanjut dia.

Menurut dia, kesadaran warga terhadap gempa sudah mulai baik dan sosialisasi yang dilakukan selama ini cukup efektif sehingga saat gempa terjadi tidak perlu panik yang akhirnya malah memicu kekacauan di jalan raya.


(SAN)