Lapas Banda Aceh Rusuh

Antara    •    Kamis, 04 Jan 2018 16:02 WIB
kerusuhan penjara
Lapas Banda Aceh Rusuh
Metro TV

Banda Aceh: Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A Banda Aceh di Lambaro, Aceh Besar, Provinsi Aceh, rusuh dan terbakar, Kamis, 4 Januari 2017. Insiden terjadi pukul 11.00 WIB lewat, tetapi belum diketahui penyebabnya. Di luar penjara tersebut terlihat asap hitam yang membubung hingga 10 meter. 

Belum pula diketahui apa yang terbakar. Sekitar delapan mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota Banda Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyemprotkan air dari luar bangunan.

Ratusan polisi dengan pelindung dan bersenjata lengkap berjaga-jaga di luar penjara. Begitu juga dengan masyarakat. Mereka memadati sekitar lapas Banda Aceh.

Sekitar pukul 12.50 WIB, ratusan polisi masuk ke penjara guna meredam kerusuhan. Saat polisi masuk, sempat terdengar teriakan dan suara lemparan.

Penjara tersebut dihuni sekitar 500 narapidana dan tahanan. Hingga berita ini dibuat, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait.

Sejumlah ruangan yang menjadi kantor di lapas hangus. Sejumlah kaca jendela pecah. Ruangan kantor tersebut terbakar menyusul kerusuhan di penjara itu sejak sekitar pukul 11.00 WIB.

Para penghuni penjara digiring ke sel masing-masing setelah ratusan personel Polri dan TNI dikerahkan.

Sempat terdengar letusan senjata api beberapa kali dari bangunan yang merupakan area tahanan. Letusan senjata tersebut merupakan gas air mata yang ditembakkan untuk memecahkan kerumunan penghuni penjara.

Seorang penghuni lembaga permasyarakat tampak digiring polisi keluar penjara tersebut. Informasi yang didapat, lelaki yang dibawa polisi diduga provokator kerusuhan.

Sejumlah petinggi Polda Aceh, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol T Saladin ikut mengamankan situasi.


(ALB)