Kapal Penyelundup Sembako dari Singapura Ditangkap

Anwar Sadat Guna    •    Kamis, 15 Sep 2016 18:30 WIB
penyelundupan
Kapal Penyelundup Sembako dari Singapura Ditangkap
KM Sinar Baru yang mengangkut sembako dari Singapura ditangkap di perairan Tanjung Koko, Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Foto: MTVN/Anwar Sadat)

Metrotvnews.com, Batam: Tim Western Fleet Quick Response Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, Kepulauan Riau, menangkap Kapal Motor Sinar Baru yang diduga membawa sembako ilegal. Kapal itu disetop di perairan Tanjung Koko, Pulau Galang, Kota Batam, Rabu 14 September, pukul 22.40 WIB, lantaran mengangkut sembako dari Singapura tanpa dokumen muatan kapal.

Sedianya, KM Sinar Baru adalah kapal penangkap ikan. Kapal ini berlayar dari Pelabuhan Hasim di Jembatan 6 Galang Baru tujuan Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.  

"Jajaran kami langsung melakukan penyergapan saat mendapati kapal itu mengangkut sembako ilegal, termasuk rokok tanpa cukai dan minuman beralkohol," kata Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI S Irawan kepada Metrotvnews.com, Kamis (15/9/2016). 

Hasil pemeriksaan, KM Sinar Baru itu memuat 120 karung beras atau seberat 1.200 kilogram, minuman beralkohol produksi Singapura sebanyak 2.300 kaleng, minuman beralkohol produksi Malaysia 1.400 kaleng, rokok tanpa cukai sebanyak 11 bal.

Di atas kapal juga ditemukan susu kental manis produksi Malaysia, 100 tabung gas LPG 12 kg, 700 jeriken minyak goreng ukuran 4,8 liter, dan 30 dus makanan ringan berbagai merek produksi Malaysia. 

"KM Sinar Baru yang kami tangkap tadi malam merupakan target operasi Tim WFQR Lantamal IV," kata Irawan.

Diduga ada sindikat penyelundupan sembako dari luar negeri yang menggunakan kapal berukuran besar. Muatan kapal kemudian dipindahkan ke kapal-kapal ukuran sedang dan kecil di tengah laut untuk melanjutkan didistribusikan melalui pelabuhan ilegal di Kepulauan Riau.

"Modus mereka yakni memodifikasi kapal penangkap ikan untuk mengangkut sembako ilegal. Mereka juga mengemas minuman beralkohol ke dalam dus makanan ringan untuk mengelabui aparat," ujar dia.
 
KM Sinar Baru itu tak dilengkapi Surat Perintah Berlayar (SPB) dan daftar para kru kapal. "Untuk proses hukum lebih lanjut, kapal beserta nakhoda dan ABK diamankan di Dermaga Yos Sudarso Mako Lantamal IV di Kota Tanjungpinang," pungkasnya.


(TTD)