Angin Langkisau Menerjang Deli Serdang, Puluhan Rumah Rusak

Farida Noris    •    Selasa, 13 Sep 2016 15:41 WIB
puting beliung
Angin Langkisau Menerjang Deli Serdang, Puluhan Rumah Rusak
Rumah rusak setelah dihantam angin langkisau di Deli Serdang, Sumut. (Metrotvnews.com/dok. BPBD Deli Serdang)

Metrotvnews.com, Deli: Tidak ada korban jiwa ketika puluhan rumah di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, rusak diterjang angin langkisau (puting beliung). Kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah.

"Puting beliung terjadi di Kecamatan Hamparan Perak dan Pantai Labu. Ada puluhan rumah yang rusak," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Deli Serdang, Darwin Surbakti, Selasa (13/9/2016).

Darwin mengaku belum bisa memastikan jumlah total rumah rusak akibat amukan angin pada malam tadi. Namun, desa yang sudah dipastikan diterjang puting beliung yaitu Desa Selemak, Desa Kelambir, dan Desa Hamparan Perak, Kecamatan Hamparan Perak. Lalu, Desa Kelambir, dan Desa Rantau Panjang, Kecamatan Pantai Labu.

"Tim kami masih melakukan pendataan, jadi jumlah pastinya masih menunggu laporan dari lapangan," katanya.

Bahtiar warga Desa Selemak, mengatakan rumah yang rusak di kampungnya mencapai 25 unit. Bahkan aliran listrik mati sejak angin langkisau melanda daerah itu.

"Ada 17 rumah yang rusak parah. Sementara ada lima rusak ringan. Selain roboh, ada rumah yang atapnya terangkat, ada pula tertimpa pohon. Sampai sekarang aliran listrik masih mati," terangnya.

Terpisah, Staf Kecamatan Pantai Labu, Adhi Darma, mengatakan di Kecamatan Pantai Labu, puting beliung merusak sekurangnya 12 unit rumah. Di Desa Kelambir didapati tujuh unit rumah yang rusak, di Desa Rantau Panjang terdapat lima rumah yang terdampak. 

"Banyak rumah yang rusak. Ada yang rusak berat, sedang dan ringan." paparnya.


(SAN)