Nusantara Bersatu di Kota Medan Terpusat di Lapangan Benteng

Budi Warsito    •    Rabu, 30 Nov 2016 15:04 WIB
nkri
Nusantara Bersatu di Kota Medan Terpusat di Lapangan Benteng
Sejumlah personel polisi ikut memeriahkan kegiatan Nusantara Bersatu, di Lapangan Benteng, Medan, Rabu (30/11/2016). Foto: Metrotvnews.com/Budi

Metrotvnews.com, Medan: Kegiatan Nusantara Bersatu yang digelar di Kota Medan, Sumatera Utara, dipusatkan di Lapangan Banteng sejak Rabu pagi 30 November 2016. Kegiatan ini dihadiri ribuan orang dari berbagai daerah dan etnis di Sumatera Utara.

Sejumlah pertunjukan seni dan budaya dari suku-suku yang ada di Sumut ditampilkan. Pelajar, tokoh pemuda, ulama, dan pejabat TNI-Polri yang mengikuti kegiatan ini, hadir menggunakan ikat kepala merah putih.

"Peserta yang datang dari seluruh Sumut, tapi yang paling banyak dari Medan," kata Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi.

Kegiatan yang dilaksanakan serentak di Indonesia ini, kata Erry, bertujuan meningkatkan nasionalisme dan menghargai perbedaan. "Kita bersyukur Sumut sampai hari ini masih kondusif," ujarnya. 

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung berharap kegiatan serupa dilestarikan. "Kekuatan Indonesia itu adalah kebinekaan," kata dia,

‎Turut hadir dalam acara ini, Kapolda Sumut Irjen Rycko Amelza Dahniel. Sebelum acara diakhirnya, para siswa diberi kesempatan menaiki kendaraan tempur dan berkonvoi di sejumlah ruas jalan.

 


(UWA)