TNI AD: Ada yang Galang Dana untuk Aksi 2 Desember

Anwar Sadat Guna    •    Jumat, 25 Nov 2016 16:03 WIB
unjuk rasa
TNI AD: Ada yang Galang Dana untuk Aksi 2 Desember
Aksi damai di Sumatera Utara. Foto: Metrotvnews.com/Budi

Metrotvnews.com, Batam: Jajaran Komando Resor Militer (Korem) 033/Wira Pratama mendapatkan informasi ada sekelompok masyarakat yang ingin melakukan aksi unjuk rasa pada 2 Desember nanti. 

Orang-orang itu disebut sudah menyebarkan proposal untuk menggalang dana. "Informasi yang kami terima seperti ini, tetapi masih kami dalami," kata Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Fachri kepada wartawan usai Doa Bersama untuk NKRI di Masjid Raya Batam, Jumat (25/11/2016).

Fachi belum dapat menyebutkan identitas orang-orang itu karena masih diselidiki. Proposal disebarkan ke beberapa tempat.

"Mudah-mudahan maksud dan tujuan mereka nggak benar. Kalau ternyata didapati dan terbukti, akan kami usut lebih jauh," kata dia.

Fachri menjelaskan situasi Kepri secara keseluruhan aman dan kondusif. Jajaran TNI, kata Fachri, akan membantu tugas polisi mengamankan wilayah bila terjadi gangguan kamtibmas pada 2 Desember 2016. 

Seluruh personelnya juga siaga bila ada pihak yang ingin mengusik keutuhan NKRI. "Kami siap kapan pun demi NKRI. Kami juga imbau warga agar tidak ke Jakarta untuk ikut aksi. Mari sama-sama jaga keamanan daerah kita," kata dia.

Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian mengatakan tetap akan menyiagakan personel hingga 2 Desember nanti. Personel akan ditempatkan di beberapa lokasi. "Kami punya Badan Intelijen Daerah yang terus memantau situasi kemanan di Batam," ujarnya.


(UWA)