Senator Ikut Awasi Pengelolaan Dana Desa di Lampung

Antara    •    Jumat, 17 Mar 2017 09:22 WIB
dana desa
Senator Ikut Awasi Pengelolaan Dana Desa di Lampung
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Bandar Lampung: Anggota DPD atau senator asal Lampung Andi Surya ikut melakukan pengawasan pengelolaan dana desa di Provinsi Lampung dengan mendatangi desa-desa di Kabupaten Tulangbawang. Pengawasan dilakukan agar dana desa dapat berjalan sesuai tujuan yang diamanatkan Undang-undangNnomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Andi menjelaskan, sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pemerintah mengalokasikan dana desa melalui mekanisme transfer kepada kabupaten/kota. Tiap kabupaten/kota mengalokasikannya kepada setiap desa berdasarkan jumlah desa dengan memperhatikan beberapa parameter, seperti jumlah penduduk, luas wilayah, dan angka kemiskinan.

"Hasil perhitungan tersebut disesuaikan dengan tingkat kesulitan geografis masing-masing desa. Alokasi anggaran bersumber dari belanja pusat dengan mengefektifkan program berbasis desa secara merata dan berkeadilan," ucapnya, Jumat, 17 Maret 2017.

Pada kunjungannya, Andi mendapat aspirasi dari Lurah Menggala Selatan Musoli. Kepada Andi, Musoli mengatakan bahwa dalam satu tahun operasionalnya hanya sebesar Rp25 juta. Sedangkan, kampung ada berbagai dana operasional dari berbagai sumber.

"Ini memicu kecemburuan sosial," ujarnya.

Menanggapi aspirasi tersebut, Andi mengemukan beberapa alternatif yang dapat dilakukan. "Pertama, mengusulkan mengubah UU untuk memperjelas desa dan kelurahan," katanya.

Jika tidak mengubah UU, lanjut Andi, dapat mengusulkan agar pemerintah melakukan perimbangan keuangan dana ke desa atau ke kelurahan. Sehingga, tidak terlalu jauh berbeda.

"Setiap anggaran yang masuk pasti memiliki peraturan menteri atau peraturan gubernur sebagai pedoman. Kami tinggal melihat pedoman mana yang digunakan untuk menyikapi perbedaan persepsi itu," ujarnya lagi.


(NIN)