Mantan Kadis PU Sergai Jadi Tersangka Korupsi Pemeliharaan Jalan

Farida Noris    •    Senin, 20 Mar 2017 17:25 WIB
kasus korupsi
Mantan Kadis PU Sergai Jadi Tersangka Korupsi Pemeliharaan Jalan
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Medan: Penyidik Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menetapkan mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Serdang Bedagai Darwin Sitepu sebagai tersangka. Ia terkait kasus dugaan korupsi proyek pemeliharaan jalan di Kabupaten Serdang Bedagai tahun anggaran 2014 sebesar Rp11,1 miliar.

"Dalam proyek itu, dia (Darwin) bertugas sebagai pengguna anggaran," kata Kepala Seksi Penkum Kejati Sumut Sumanggar Siagian, Senin, 20 Maret 2017.

Sumanggar mengatakan, Darwin rencananya dipanggil pada Selasa, 21 Maret 2017. Ia akan diperiksa dengan kapasitas sebagai tersangka.

"Penyidik sudah melayangkan surat panggilan dengan patut. Dia dipanggil untuk diperiksa sebagai tersangka. Kita harap yang bersangkutan memenuhi panggilan penyidik," ujarnya.

Menurut Sumanggar, penyidik saat ini juga melakukan pemeriksaan terhadap 20 saksi terkait kasus tersebut. Mereka diperiksa secara bertahap dari pagi hingga sore.

"Mereka diperiksa hari ini dalam dua tahap, dimulai dari jam 9.00 WIB hingga 13.00 WIB. Kemudian, dari jam 13.30 WIB sampai dengan jam 17.00 WIB. Semuanya hadir diperiksa penyidik Pidsus Kejati Sumut," pungkas Sumanggar.

Sebelumnya, penyidik Kejati Sumut menggeledah Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Kantor PPKA Pemkab Sergai pada Rabu, 15 Maret 2017. Tim penyidik melakukan pengeledahan di sejumlah ruang dan menyita dokumen yang akan dijadikan sebagai alat bukti dalam kasus ini.


(NIN)