Kapolda Kepri Minta Tambahan Armada Kapal

Anwar Sadat Guna    •    Senin, 24 Oct 2016 19:56 WIB
polri
Kapolda Kepri Minta Tambahan Armada Kapal
Kapal Patroli Polisi Perairan (Polair) Polda Kepri sedang berpatroli di Perairan Pulau Sambu yang berbatasan langsung dengan Singapura. (Ant/Joko Sulistyo)

Metrotvnews.com, Batam: Kepolisian Daerah Kepri BAKAL naik menjadi Tipe A. Selain SDM, fasilitas armada menjadi hal utama untuk mengamankan wilayah Kepulauan Riau yang 90 persen wilayahnya adalah lautan. 

Kapolda Kepri Brigjen Sam Budigusdian mengatakan, berbagai persiapan terus dilakukan Polda menjelang peresmian menjadi tipe A. Sesuai rencana, ungkap Sam, peresmian itu dijadwalkan berlangsung tahun ini. 

"Kapolri yang langsung meresmikan. Kapan waktunya? Kami masih berkoordinasi dengan Mabes Polri, tapi Kapolri menjanjikan tahun ini," kata Sam kepada Metrotvnews.com, Senin (24/10/2016).

Penetapan Polda Kepri naik menjadi Tipe A, Sam mengklaim, telah melalui berbagai penilaian dan survei dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

Kemen PAN-RB, sambung Sam, melihat wilayah Kepri sangat luas yang terdiri dari 90 persen lautan dan ribuan pulau sehingga butuh pengamanan ekstra. "Letak geografisnya juga sangat strategis karena berhadapan langsung dengan jalur perdagangan, yakni Selat Malaka," kata Sam. 

Selain penilaian itu, Kemen PAN-RB juga menilai kesiapan SDM di Polda Kepri, termasuk sarana prasarana dan fasilitas kepolisian di daerah yang sudah memadai. "Kami telah memiliki RS Bhayangkara dan telah membangun Sekolah Pendidikan Kepolisian (SPN) di Tanjungbalai Karimun," jelas Sam. 

Meski demikian, Kapolda mengakui jajarannya masih membutuhkan armada kapal untuk mengawasi wilayah perairan Kepri. Terlebih perairan Kepri rawan penyelundupan dan peredaran narkoba.

"Masing-masing Polres hanya memiliki satu unit kapal patroli ukuran kecil (C3) dan di Polda punya 2 kapal patroli tipe C1. Kita membutuhkan kapal yang ukurannya lebih besar untuk mengawasi perairan dari berbagai kejahatan, termasuk kegiatan illegal fishing di Natuna dan Anambas," pungkas Sam. 

Saat ini Kepri memiliki enam Polres, yakni Polresta Batam, Polres Tanjungpinang, Bintan, Karimun, Lingga, Natuna, dan pembentukan Polres Anambas bersamaan naiknya tipe Polda Kepri menjadi tipe A. 

Perbedaan mencolok dari Polda tipe A dan B dilihat dari pangkat Kapolda. Komando Polda tipe A dijabat perwira berbintang dua alias inspektur jenderal.


(SAN)