Mengintip Kesiagaan Pulau Takong Hiu Hadapi Musuh RI

Anwar Sadat Guna    •    Minggu, 27 Nov 2016 18:46 WIB
tni-al
Mengintip Kesiagaan Pulau Takong Hiu Hadapi Musuh RI
Prajurit TNI AL di Pulau Takong Hiu yang menjadi basis pertahanan di Selat Malaka, MTVN - Anwar Sadat Guna

Metrotvnews.com, Batam: TNI Angkatan Laut memperkuat pertanahan di wilayah perbatasan. Satu di antaranya menjadikan Pulau Takong Hiu di Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, sebagai basis pertahanan TNI AL di daerah perbatasan.

Setiap hari ada tujuh personel TNI AL yang berjaga di pulau ini. Selain fasilitas mercusuar, anggota TNI juga dilengkapi persenjataan yang mumpuni untuk menjaga pulau dari serangan atau intervensi pihak asing.  

"Saya datang ke pulau tersebut untuk melihat langsung kondisi prajurit dan fasilitas penunjang operasional dalam mengamankan pulau terdepan di Kepri, seperti; sarana komunikasi, logistik, dan kondisi Pos Takong Hiu," ungkap Komandan Lantamal IV Laksma TNI S Irawan kepada Metrotvnews.com, Minggu (27/11/2016). 

Letak Pulau Takong Hiu sangat strategis karena berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura. Letaknya juga sangat dekat dengan Selat Malaka. Selat ini adalah selat terpadat di dunia. Ada ratusan kapal tanker setiap hari melintas di sana.    

"Dari atas pulau ini, kita bisa memantau jelas aktivitas lalu lintas kapal dari dan hendak menuju Singapura dan Malaysia. Dari sisi pertahanan, kita juga dapat memonitor Selat Malaka dan kapal-kapal asing yang melintas,” ungkap Irawan. 

Ia menjelaskan Pulau Takong Hiu sah milik Indonesia. Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No 78/2015 tentang Pengelolaan Pulau-pulau Kecil Terluar. Keberadaan Pos TNI AL dan menara mercusuar memperkuat bukti bahwa pulau tersebut milik Indonesia.

"Kalau ada pihak yang coba ingin merebutnya, maka harus berhadapan dengan kami," tegas Irawan. Personel TNI AL yang menjaga Pulau Takong Hiu sebanyak 7 orang. Secara periodik, mereka dirotasi oleh Lantamal IV di Tanjungpinang. 

Irawan meminta para prajurit TNI AL di Pulau Takong Hiu tetap semangat dan meningkatkan kewaspadaan menjaga pulau terluar. "Juga tetap menjaga kesehatan masing-masing agar dapat menjalankan tugas dengan baik," ujarnya. 

Kunjungan Irawan beserta rombongan yang didampingi Pabanops Letkol Laut (P) Ashari dan Satkamla Lantamal IV Mayor Laut (P) Feri menggunakan Kal Marapas tanpa diketahui prajuritnya karena ia ingin melihat secara ril kesiagaan prajurit TNI AL di lapangan. 
(RRN)