Penumpang Pesawat Sembunyikan Sabu di Anus

Anwar Sadat Guna    •    Rabu, 06 Dec 2017 13:15 WIB
sabu
Penumpang Pesawat Sembunyikan Sabu di Anus
Tiga kapsul berisi sabu yang disembunyikan Anwar Sakdan, 32, di dalam anusnya -- medcom.id/Anwar Sadat Guna

Batam: Seorang calon penumpang pesawat tujuan Medan, Sumatera Utara, kedapatan membawa sabu di Bandara Hang Nadim, Batam, pada Selasa, 5 Desember 2017. Anwar Sakdan, 32, menyembunyikan sabu di dalam anus.

"Dari awal masuk menuju pintu pemeriksaan gerak-geriknya sudah mencurigakan. Kami bisa membaca dari analisis profilingnya," kata Kepala Bidang Bimbingan, Kepatuhan, dan Layanan Informasi Bea Cukai Batam R. Evy Suhartantyo, Rabu, 6 Desember 2017.

Petugas yang memeriksa curiga ada sesuatu di tubuh Anwar. Pria asal Bireuen, Aceh, tersebut kemudian dibawa ke hanggar Bea Cukai bandara untuk pemeriksaan mendalam.

"Saat dilakukan tes urine, ternyata hasilnya positif methamphetamine. Untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut, calon penumpang dibawa ke RS Awal Bros untuk dilakukan rontgen," ungkap Evy.

Setelah rontgen, lanjut Evy, ditemukan tiga benda asing di dalam tubuh Anwar. Ia kemudian dibawa ke Kantor Pelayanan Umum (KPU) Bea Cukai Batam di Batuampar, Kota Batam.

"Saat pemeriksaan lanjutan, didapati tiga kapsul berisi kristal putih yang dikeluarkan dari dalam anus pelaku. Barang bukti methamphetamine atau sabu yang dibawa pelaku seberat 169 gram," ungkap Evy.

Usai diperiksa di KPU Bea Cukai Batam, Anwar diserahkan ke Polres Tanjungpinang untuk pemeriksaan lebih lanjut. Penangkapan Anwar merupakan yang ke-32 sejak Januari hingga Desember 2017.

"Kami akan terus memperketat penjagaan di pintu-pintu masuk Kota Batam. Jelang akhir tahun, biasanya peredaran narkotika dan obat terlarang meningkat," pungkas Evy.


(NIN)