BBPOM Medan Musnahkan Produk Tanpa Izin Edar Senilai Rp1,1 Miliar

Farida Noris    •    Sabtu, 09 Dec 2017 11:59 WIB
produk ilegal
BBPOM Medan Musnahkan Produk Tanpa Izin Edar Senilai Rp1,1 Miliar
BBPOM Musnahkan ribuan produk tanpa izin edar di Kantor Pemprov Sumut

Medan: Sebanyak 517 jenis produk tanpa izin edan dan palsu dimusnahkan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan. Jika ditotal, barang yang disita dari 34 sarana di Sumut itu mencapai Rp1,137 miliar.

"Ada lima jenis yang kita musnahkan hari ini seperti kosmetik, obat tradisional, pangan, suplemen makanan tambahan. Jumlahnya masing-masing ada yang sampai puluhan ribu," kata Kepala BBPOM Medan, Sacramento Tarigan, Sabtu 9 Desember 2017.

Pemusnahan digelar secara simbolis di halaman Kantor Pemprov Sumut. Sisa produk itu lalu dibawa dengan menggunakan truk untuk dimusnahkan di tempat pembuangan akhir. Kegiatan itu dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Utara, Nurhajizah Marpaung, Walikota Medan, Dzulmi Eldin, dari Kejaksaan Negeri Medan, Polda Sumut, Dinkes Sumut, Ketua DPRD Sumut, DPRD Medan. 

Sacramento merinci produk yang dimusnahkan antara lain 145 jenis obat, 41 jenis obat tradisional, 168 jenis kosmetik dan 157 jenis pangan. Pemusnahan ini dilakukan untuk melindungi masyarakat dari peredaran obat dan makanan yang tidak memenuhi persyaratan. 

"Pengawasan yang dilakukan BBPOM secara komprehensif meliputi pengawasan pre market dan post market. Pengawasan post market dilakukan dengan melakukan uji sampling dan laboratorium untuk mendeteksi makanan tanpa izin edar, palsu, mengandung bahan berbahaya serta obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat," terangnya.

Dia menambahkan barang bukti yang dimusnahkan merupakan kasus yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. Selama 2017, BBPOM Medan telah menangani 19 kasus diantaranya sembilan kasus telah P21 yaitu lima kasus Tahap II dan empat kasus akan diserahkan ke JPU serta empat kasus P19 dan ada enam kasus yang masih dalam proses penyidikan.

"Kepada masyarakat diimbau untuk tidak mengonsumsi produk yang tidak memenuhi persyaratan, palsu dan tanpa izin edar. Jika menemukan hal-hal yang mencurigakan atau mempunyai informasi yang ingin disampaikan, silahkan hubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen Badan POM dengan nomor 021-32199000/ 021-4263333 atau ke badanpom@yahoo.co.id," tegasnya. 


(ALB)