Berkas Empat Parpol di Palembang Belum Lengkap

Alwi Alim    •    Selasa, 17 Oct 2017 15:56 WIB
pemilu
Berkas Empat Parpol di Palembang Belum Lengkap
KPU Palembang. Foto: MTVN/Alwi Alim

Metrotvnews.com, Palembang: Pengurus daerah empat parpol belum melengkapi berkas pendaftaran di Kota Palembang. Partai Keadilan Bangsa (PKB), Partai Indonesia Kerja (PIKA), Partai Idaman, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) diberi waktu untuk melengkapi berkas hingga pukul 24.00 WIB hari ini, Selasa 17 Oktober 2017.

"Kami berikan waktu 24 jam atau sampai malam nanti," kata Ketua KPU Palembang, Syarifuddin, saat ditemui di KPU Palembang, Selasa 17 Oktober 2017.

Keempat parpol tidak bisa ikut dalam pemilu legislatif 2009 bila tidak melengkapi berkas hingga batas waktu yang ditentukan. Rata-rata persyaratan yang kurang seperti Kartu Tanda Anggota (KTA) parpol tidak disertai Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau pencetakan Sipol tidak sesuai dengan F2 atau format partai politik.

Sebanyak 14 parpol, yakni Partai NasDem, PDI Perjuangan, Gerindra, Hanura, PPP, Perindo, PKS, Partai Berkarya, PBB, PAN, Partai Demokrat, PSI, Partai Garuda, dan Partai Golkar, dinyatakan telah melengkapi berkas. Partai ini akan mengkiti tahapan berikutnya, berupa verifikasi administrasi dan verikasi faktual pada November.

"Biasanya verifikasi ini memakan waktu 2 bulan dimana dibagi beberapa tim untuk melakukan verifikasi," pungkasnya.


(SUR)