50 Sopir di Medan Mengikuti Seleksi Abdi Yasa Teladan

Farida Noris    •    Kamis, 20 Jul 2017 13:59 WIB
50 Sopir di Medan Mengikuti Seleksi Abdi Yasa Teladan
Sebanyak 50 sopir kendaraan umum di Medan mengikuti seleksi Abdi Yasa Teladan -- MTVN/Farida Noris

Metrotvnews.Com, Medan: Sebanyak 50 sopir angkutan umum di Medan mengikuti seleksi sebagai Abdi Yasa Teladan. Pemilihan dilakukan melalui pelatihan tata cara lalu lintas.

"Saat mengemudi, tingkat emosional harus distabilkan. Karena, mengemudi saat emosi sangat berbahaya tak hanya bagi penumpang, tapi juga pengguna jalan lainnya," kata Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Medan Suriono di Hotel Saka, Jalan Ring Road, Medan, Sumatera Utara, Kamis 20 Juli 2017.

Suriono menjelaskan, pemateri juga memberi pengetahuan terhadap pengemudi angkutan umum tentang bahaya narkoba. Pasalnya, tak sedikit kecelakaan lalu lintas terjadi lantaran sopir angkutan mengonsumsi narkoba.

"Banyak sopir angkutan umum mengemudi di bawah pengaruh narkoba yang berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain. Contohnya, menjelang Idulfitri kemarin, pas kita cek, ternyata ada 70 pengemudi yang urinenya positif narkoba," ucapnya.

Menurut Suriono, 50 sopir ini juga diberi pengetahuan mengenai cara berlalu lintas dan berperilaku yang baik. Diharapkan, para sopir yang mengikuti pelatihan dan seleksi ini dapat menularkan pengetahuan mereka ke sesama sopir.

"Kita ingin mendidik pengemudi angkutan umum agar lebih paham lagi bagaimana mematuhi aturan lalu lintas," jelas Suriono.

Nantinya, kata Suriono, dipilih dua orang untuk dinobatkan sebagai sopir teladan. Mereka selanjutnya mengikuti proses seleksi di tingkat provinsi. Jika lolos, dilanjutkan ke seleksi tingkat nasional.

"Kegiatan ini kita gelar selama lima hari. Penilaiannya berdasarkan hasil ujian tertulis dan prilaku selama mengikuti pelatihan. Materi yang telah disampaikan akan diuji. Nanti hari terakhir diumumkan siapa awak kenderaan yang terbaik," bebernya.
(NIN)