Bendera Merah Putih Dipasang di Depan Kantor Konjen Malaysia

Farida Noris    •    Selasa, 22 Aug 2017 15:55 WIB
merah putih
Bendera Merah Putih Dipasang di Depan Kantor Konjen Malaysia
Aksi massa berunjuk rasa di depan Kantor Konjen Malaysia di Medan memprotes pemasangan bendera Merah Putih di buku SEA Games 2017, MTVN - Farida Noris

Metrotvnews.com, Medan: Ratusan orang memasang bendera Merah Putih di depan kantor Konsulat Jenderal (Konjen) Malaysia di Medan, Sumatera Utara, Selasa 22 Agustus 2017. Aksi itu sebagai bentuk protes atas kesalahan pemasangan bendera Indonesia di buku tangan SEA Games Malaysia.

Baca: Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games 2017, Menpora Geram

Pengunjuk rasa berasal dari Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri (FKPPI). Mereka mulai berunjuk rasa pukul 13.00 WIB. Mereka membawa bendera Merah Putih dan poster yang mengecam kesalahan tersebut.

Ketua PC FKPPI Medan, Wing Zore Ketaren, meminta Konjen Malaysia di Medan meminta maaf terkait kesalahan tersebut. Ia mendesak Konjen menyampaikan permintaan maaf melalui surat kabar lokal.


Foto Bendera Indonesia terbalik di buku tangan SEA Games Malaysia, dok Kemenpora

"Kesalahan pencetakan bendera merah putih adalah bentuk pelecehan terhadap harga diri bangsa. Di Indonesia, pelecehan terhadap lambang dan simbol negara adalah pelanggaran pidana," kata Wing Zore.

Dalam aksi itu, massa meneriakkan 'Ganyang Malaysia'. Massa menyanyikan lagu-lagu nasional dengan iringan organ tunggal. Massa membakar ban dan bendera Malaysia sebagai ungkapan kemarahan kemudian mengajak seluruh masyarakat untuk bersikap dalam kisruh ini. 

Lihat video:
 
(RRN)