BPBD Karo Membersihkan Abu Vulkanik Letusan Gunung Sinabung

Budi Warsito    •    Kamis, 03 Aug 2017 10:03 WIB
gunung sinabung
BPBD Karo Membersihkan Abu Vulkanik Letusan Gunung Sinabung
Pertugas BPBD Karo membagikan masker gratis ke siswa sekolah dasar -- istimewa

Metrotvnews.com, Karo: Badan Penanggulangan Bencana Daerah ‎(BPBD) Karo bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Karo membersihkan abu vulkanik akibat letusan Gunung Sinabung pada Rabu 2 Agustus 2017. Tercatat ada lima kecamatan terdampak letusan Gunung Sinabung, yaitu Kecamatan Payung, Simpang Empat, Naman Teran, Tiganderket, dan Kecamatan Kabanjahe.

"Pembersihan dengan cara menyiram dilakukan di rumah warga, lahan pertanian, sekolah, dan fasilitas umum, seperti jalan raya," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Karo‎ Natanail Perangin-angin di Karo, Sumatera Utara, Kamis 3 Agustus 2017.

Menurut Natanail, pihaknya juga membagikan ribuan masker gratis kepada masyarakat dan anak sekolah. "Sekitar 2.000 masker dibagikan di beberapa titik di Kota Kabanjahe, Desa Simpang Empat, Tiganderket, dan Desa Payung. Sementara, di temopat lainnya kita berkoordinasi dengan puskesmas untuk ikut menyuplai masker kepada warga di wilayahnya masing-masing," imbuhnya.

(Baca: Warga Terdampak Erupsi Sinabung Butuh Masker)

Natanail mengimbau, agar masyarakat untuk sementara tidak melakukan aktivitas di sekitar zona merah, yakni 7 kilomter dari kaki Gunung Sinabung. Sebab, Gunung Sinabung dprediksi masih akan mengeluarkan erupsi.

"Kita imbau selalu mengikuti arahan kita dari BPBD Karo," tegasnya.

Gunung Sinabung kembali erupsi hingga sedikitnya 20 kali pada Rabu 2 Agustus 2017. Jarak luncur awan panas tercatat paling jauh 4,5 kilometer ke arah tenggara-timur dan tinggi kolom abu paling jauh 4,2 kilometer. Angin mengarah ke selatan-tenggara, serta lama gempa 553 detik disertai suara dentuman.

(Baca: Ribuan Penduduk Terdampak Hujan Abu Vulkanik Sinabung)

Tidak ada laporan korban jiwa. Namun, hujan abu menyebar di beberapa tempat seperti di Desa Perbaji, Sukatendel, Temberun, Perteguhen, Kuta Rakyat, Simpang Empat, Tiga Pancur, Selandi, Payung, dan Desa Kuta Gugung.


(NIN)