33 WN Sri Lanka Terdampar di Pantai Nias Utara

Budi Warsito    •    Kamis, 10 Aug 2017 10:49 WIB
pencari suaka
33 WN Sri Lanka Terdampar di Pantai Nias Utara
33 orang WN Sri Lanka ditampung di Aula Kantor Lurah Pasar Lahewa --MTVN/Budi--

Metrotvnews.com, Nias Utara: Sebanyak 33 orang warga negara Sri Lanka terdampar di pesisir Pantai Tureloto, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara (Sumut), Rabu 9 Agustus 2017. Mereka ditemukan nelayan setempat setelah tiga hari terombang-ambing dikarenakan kapal yang mereka tumpangi mengalami kerusakan. 

Paur Humas Polres Nias Bripka Restu Gulo mengatakan, 33 WN Sri Lanka itu sudah dievakuasi personel TNI dan Polri dibantu oleh nelayan setempat. "Awalnya kita dapat informasi dari nelayan, sehingga petugas langsung terjun ke lokasi," ujar Restu, Kamis 10 Agustus 2017.

Berdasarkan pendataan, WN Sri Lanka yang dievakuasi terdiri dari 32 laki-laki dan seorang perempuan. Mereka rencananya menuju Australia dan Selandia Baru untuk mencari suaka. Mereka pergi dari negara asalnya karena tengah terjadi perang saudara antara suku Tamil dan suku Singelis. Hal itu diketahui berdasarkan dari pengakuan nakhoda kapal bernama Seni Thampi Pirathaepani.

"Tanggal 3 Juli 2017, WNA Sri Lanka itu berangkat dari negaranya menuju New Zealand dan Australia. Pada tanggal 6 Agustus 2017 lalu, tiba-tiba mesin kapal yang mereka tumpangi rusak," ungkap Restu.

Saat ini, para warga negara Sri Lanka tersebut berada di Aula Kantor Lurah Pasar Lahewa yang dijadikan sebagai tempat penampungan sementara. " Kita Belum tahu kapan ke 33 warga negara Sri Lanka tersebut ke Kantor Imigran Sibolga," ujar Restu.



(ALB)