Basarnas Luncurkan Dua Kapal Baru

Anwar Sadat Guna    •    Selasa, 13 Nov 2018 18:38 WIB
basarnas
Basarnas Luncurkan Dua Kapal Baru
Kepala Basarnas memotong tali tross peluncuran KN Karna di kawasan industri galangan kapal di Tanjunguncang, Kota Batam.

Batam: Badan SAR Nasional (Basarnas) meluncurkan dua kapal terbarunya, yakni Kapal Negara (KN) Karna dan KN Sasikirana, di dua lokasi industri galangan kapal berbeda di Kota Batam, Provinsi Kepri, Selasa, 13 November 2018. Kedua kapal akan memperkuat armada Basarnas yang ada saat ini. 

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI M Syaugi mengatakan, tujuan pembuatan kedua kapal SAR ini tak lain agar operasi pencarian, pertolongan, penyelamatan, dan evakuasi dapat terlaksana dengan cepat, efektif, dan efisien sehingga jatuhnya korban jiwa mampu diminimalisir. 

Dari data Basarnas Command Center (BCC), hampir 70% kecelakaan yang ditangani Basarnas selaku leading sector bidang SAR di Tanah Air adalah kecelakaan di perairan. Setiap hari, Basarnas rata-rata menangani 10-20 kecelakaan di perairan Indonesia. 

"Karena itulah, sarana prasarana air menjadi hal krusial yang harus ditingkatkan untuk mengefektifkan pelaksanaan operasi SAR," ujar Syaugi di sela-sela peluncuran KN Sasikirana di Batam. 

Pembuatan dua kapal negara berjenis Rescue Boat berukuran 40 meter berbahan aluminium tersebut diproduksi oleh PT Palindo Marine dan PT Infinity Global Mandiri yang kredibel dan sudah lama menjadi rekanan Basarnas. Kedua kapal resmi diluncurkan, masing-masing Senin, 12 November 2018 dan Selasa, 13 November 2018.   

Dikatakan Syaugi, kedua kapal SAR ini mampu melaju dengan kecepatan 30 knot. "Ekspektasi kedua kapal ini untuk mengefektifkan pelaksanaan operasi SAR di perairan," tegasnya. 

Syaugi menambahkan, saat ini Basarnas memiliki 170 kapal yang tersebar di kantor maupun Pos SAR di seluruh wilayah di Indonesia. 
"Jumlah tersebut belum ideal, namun karena kekuatan anggaran untuk tahun ini hanya mampu mengadakan dua kapal tersebut, ya harus kita terima, kita syukuri, dan kita maksimalkan yang ada," ujarnya. 

Kunjungan kerja Kepala Basarnas kali ini didampingi Sekretaris Utama (Sestama) Basarnas Dianta Bangun, Direktur Sarana Prasarana Marsekal Pertama (Marsma) TNI Hanafi, Direktur Bina Potensi Marsma F Indrajaya, Kepala Kantor SAR (Kakansar)Tanjungpinang Budi Cahyadi, dan Kakansar Natuna Amirudin. 

Kedatangan orang nomor satu di Basarnas tersebut juga disambut oleh jajaran TNI-Polri yang bertugas di Tanjungpinang, seperti; Danlanud, Danlantamal IV, Danlanudal, Danwing Udara II, Dandim Batam, Polair, Brimob, Bea Cukai, General Manager Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim Batam, perwakilan BMKG Batam, Ainav, PT Palindo Marine, PT Infinity, PT Karimun Anugerah Sejati, dan lainnya.

Seremoni peluncuran kedua kapal, yakni KN Karna dan KN Sasikirana ditandai dengan pemotongan tali tross oleh Kepala Basarnas disaksikan seluruh tamu undangan. Setelah itu, M Syaugi didampingi para pejabat utama Basarnas masuk dan mengecek fasilitas dan aksesori yang ada di dalam kapal.


(ALB)