Jokowi Dianugerahi Gelar Adat oleh Kesultanan Deli

Suryadi Ilyas    •    Minggu, 07 Oct 2018 19:31 WIB
joko widodo
Jokowi Dianugerahi Gelar Adat oleh Kesultanan Deli
Prosesi penganugerahan gelar adat kepada Presiden Joko Widodo dari Kesultanan Deli. Medcom.id/Surya Ilyas

Medan: Kesultanan Deli, Sumatera Utara, memberi gelar Tuanku Seri Indra Utama Junjungan Negeri kepada Presiden Joko Widodo. Penyematan gelar yang berlangsung di Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara itu merupakan gelar kebangsawanan tertinggi di Kesultanan Deli.

Pemberian gelar diawali pembacaan surat ceri dari Seri Paduka Sultan Deli XIV Tuanku Mahmud Arya Lamatjitji Perkasa Alam, oleh Datuk Seri Amar Lela Cendekia. Surat itu menyebut gelar ini diberikan sebagai penghargaan atas pengabdian Jokowi kepada negara. Jokowi juga dinilai santun dan peduli terhadap warisan budaya. 

Selain itu, Jokowi pun dinilai berhasil memimpin bangsa, serta mampu mensejahterakan rakyat Indonesia di tengah gejolak politik dan ekonomi dunia.

"Maka zahirlah bahwa ketetapan ini memang terletak pada tempatnya dan karenanya juga pada hari dan saat yang penuh suka cita ini kami limpahkan karunia gelar kepada H. Ir Joko Widodo Bin Notowiharjo gelar Tuanku Seri Indra Utama Junjungan Negeri," ucap Datuk Seri Amar Lela Cendekia di Istana Maimun, Medan, Sumut, Minggu, 7 Oktober 2018.

Prosesi penganugerahan gelar dilakukan langsung oleh Sultan Deli XIV Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Arya Lamatjitji Perkasa Alam. Pemasangan tengkuluk atau penutup kepala kepada Presiden Jokowi, penyematan pin dan keris, serta penandatangan surat ceri jadi rangkaian prosesinya. Dilanjutkan dengan prosesi tepung tawar yang merupakan prosesi budaya Melayu. 

Presiden Jokowi pun mengucapkan terima kasih atas gelar adat yang diberikan. Jokowi mengatakan gelar adat ini merupakan amanah sekaligus tugas berat bagi dirinya untuk bisa mewujudkan harapan Kesultanan Deli.

"Harapan-harapan dari kerajaan se-Nusantara, harapan-harapan dari para pemangku adat se-Indonesia, harapan-harapan dari para ulama," kata Jokowi. 

Presiden mengajak seluruh elemen bangsa, untuk bersama membawa Indonesia bergerak maju. "Bergotong-royong mewujudkan Indonesia yang badhatun thaibathun waradhun gaffur."

Penganugerahan gelar dari Kesultanan Deli ini dihadiri Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wakilnya, Musa Rajekshah. Hadir pula Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, serta pejabat daerah lainnya. Para undangan tampak kompak mengenakan baju adat melayu.


(AGA)