Kapal MV Marina Sentosa Tujuan Tanjungpinang Tabrak Karang

Anwar Sadat Guna    •    Senin, 30 Jul 2018 12:50 WIB
kapal
Kapal MV Marina Sentosa Tujuan Tanjungpinang Tabrak Karang
ilustrasi Medcom.id

Batam: Kapal feri MV Marina Sentosa 15 tujuan Pancur-Tanjungpinang, Kepulauan Riau, kandas karena menabrak karang di perairan Pulau Duyung, Kabupaten Lingga, sekitar pukul 10.45 WIB. Kejadian itu diduga akibat kapal terbawa arus laut dan angin kencang. 

Informasi yang dihimpun, kapal feri tersebut ditumpangi 15 orang penumpang, dan 11 orang anak buah kapal (ABK) termasuk nakhoda. Kepala Seksi Operasi SAR Tanjungpinang Budi Cahyadi mengatakan, begitu mendapatkan informasi feri MV Marina Sentosa 15 menabrak karang, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Pos SAR Lingga. 

"Hasil koordinasi dengan Pos SAR Lingga, feri tersebut kandas diduga karena angin kencang. Lama kandasnya sekitar 10 menit. Tak lama kemudian, feri tersebut kembali berlayar menuju ke Pulau Bukit untuk mengecek kerusakan," ujar Budi kepada Medcom.id, Senin, 30 Juli 2018.

Sesampainya di Pulau Bukit, kata Budi, ke 15 penumpang turun di pelabuhan sembari nakhoda dan ABK mengecek kemungkinan adanya kerusakan di kapal. "Saat dilakukan pengecekan, ternyata tidak ada kerusakan. Setelah dilakukan koordinasi dengan Syahbandar Kabupaten Lingga, sekitar pukul 11.35 WIB tadi feri tersebut melanjutkan perjalanan ke Tanjungpinang," ujar Budi. 

Pihaknya akan memantau pelayaran feri MV Marina Sentosa 15 dari Pulau Bukit hingga sampai ke Tanjungpinang. SAR Tanjungpinang akan terus berkoordinasi dengan nakhoda kapal tersebut. "Kami akan kawal dan pantau hingga feri tersebut sampai di Tanjungpinang," ujarnya. 

Budi menambahkan bahwa pihaknya secepat mungkin akan merespon laporan yang masuk apabila ada kapal yang kandas atau mengalami kerusakan selama dalam pelayaran. "Tentunya Tim SAR butuh waktu untuk tiba di lokasi karena ada proses pergerakan yang dibutuhkan," pungkasnya.


(ALB)