Hari Kedua KKPDT 2016, Jalur Karnaval Membentang 3,5 Km di Balige

Budi Warsito    •    Minggu, 21 Aug 2016 12:05 WIB
festival danau toba
Hari Kedua KKPDT 2016, Jalur Karnaval Membentang 3,5 Km di Balige
Presiden Joko Widodo saat berada di Pulau Samosir, Sumatera Utara (Foto: MTVN/Budi Warsito)

Metrotvnews.com, Balige: Rangkaian Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016 di hari kedua dilaksanakan di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu 21 Agustus. 
 
Acara akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo dengan memukul Gondang Telu sebanyak tujuh kali diiringi pemusik. Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi dan Ibu Negara mengenakan Ulos. 
 
"Presiden Joko Widodo akan mengenakan Ulos Ragidup Sirara, sedangkan Ibu Negara mengenakan Ulos Tum-tuman," kata Ketua Panitia Nasiona KKPDT 2016 Premita Fifi, di Balige, Minggu (21/8/2016).
 
Untuk memeriahkan karnaval, akan ada parade mobil hias, tarian Sembilan Cawan, serta tarian Lima Puak dari lima sub etnik Batak. Perhelatan sendiri akan berlangsung di jalan utama Balige. 
 
"Jalur karnaval membentang sepanjang 3,5 km dengan panggung start di Soposurung hingga panggung finish di Simpang Sibulele," imbuh dia.
 
Sementara itu, Jay Wijayanto selaku Koordinator Karnaval menjelaskan secara detail. Defile Karnaval akan dibuka dengan 100 penari cawan yang menyucikan jalur dengan air jeruk purut. Kemudian dilanjutkan dengan 50 pesilat Simalungun dan Toba yang membuka jalan. 
 
"Disusul dengan iringan 1.261 wanita berpakaian adat menyunggi tandok berisi beras. Karnaval akan dibagi dalam tiga kelompok besar," kata dia.
 
Parade berikutnya mengangkat ekspresi budaya dari tujuh kabupaten di kawasan Toba dan Sumatera Utara. Sebagian penampilan yang langka adalah 300 pemain seruling yang dipimpin oleh seniman Batak Martogi Sihotang. 
 
Perwakilan dari 26 provinsi juga turut meramaikan karnaval di hari kedua ini. Termasuk 60 penari Papua dan Papua Barat.


(TTD)