Kepri Siapkan Banyak Acara Sambut Sail Selat Karimata 2016

Anwar Sadat Guna    •    Sabtu, 08 Oct 2016 16:50 WIB
pariwisata
Kepri Siapkan Banyak Acara Sambut Sail Selat Karimata 2016
Sejumlah pelajar berlatih tari untuk persiapan Sail Karimata di Pantai Pulau Datok, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar, Senin (3/10/2016). Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang

Metrotvnews.com, Batam: Kepulauan Riau (Kepri) mematangkan persiapan Sail Selat Karimata 2016 yang berlangsung 20-30 Oktober 2016. Berbagai acara dan festival telah dipersiapkan Kepri untuk menarik perhatian sekira 3.000 pengunjung dan 1.500 wisatawan asing yang akan hadir di acara tersebut. 

Acara pertama yang dihelat adalah Eco Heroes, yakni aksi sadar wisata untuk membersihkan pantai dari sampah. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Guntur Sakti, mengatakan sebanyak 1.500 personel TNI-Polri akan dikerahkan untuk membersihkan pesisir pantai di Tanjungpinang dan sekitarnya. 

"Bagaimana pun sampah adalah musuh pariwisata. Bila ingin menjadikan Kepri sebagai salah satu destinasi wisata Bahari di Indonesia, maka pantai di Kepri harus bersih dari sampah," kata Guntur kepada Metrotvnews.com, Sabtu (8/10/2016). 

Kota Tanjungpinang merupakan pusat pelaksanaan Sail Selat Karimata 2016. Ibu Kota Kepri ini didapuk sebagai salah satu tuan rumah Sail Selat Karimata bersama tiga provinsi lain, yakni Kalimantan Barat, Bangka Belitung, dan Jambi.  

Acara berikutnya adalah Dragon Boat Race. Acara ini dipusatkan di perairan Tanjungpinang. Lokasinya yang strategis sangat memungkinkan acara dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, seperti dari Singapura dan Malaysia. 

Acara lain yang menyemarakkan Sail Selat Karimata di Kepri, yakni Panggung Penyair, Wonderful Indonesia Sailing, Wonderful Kepri Expo, The Sound From Motherland of Malay, Forum Meeting Wisata Bahari, Kepri Carnival, Kepri Traditional and Modern Games, Festival Sungai Carang, Sky Lantern, dan Festival Drone.

"Kami kemas semua acara berskala internasional. Beberapa negara juga menyatakan ketertarikannya meramaikan dan mengikuti Festival Bahari Kepri," kata Guntur. 

Panitia penyelenggara terus mematangkan persiapan, di antaranya menggelar Forum Meeting Wisata Bahari. Forum ini, rencananya akan dihadiri 25 duta besar negara-negara sahabat.

"Pada puncak Festival Bahari Kepri kami mengundang sekira 3.000 peserta, termasuk tamu undangan yang akan dipusatkan di Gedung Daerah Kota Tanjungpinang," kata dia.


(UWA)