11 Anggota Polda Riau Dipecat Tidak Hormat

Anwar Sadat Guna    •    Kamis, 31 Aug 2017 16:07 WIB
polisi
11 Anggota Polda Riau Dipecat Tidak Hormat
ilustrasi Metrotvnews.com

Mertrotvnews.com, Pekanbaru: Sebanyak 11 anggota Polda Riau dipecat tidak dengan hormat (PTDH), Kamis, 31 Agustus 2017. Ke-11 personel itu melakukan beragam pelanggaran, mulai disersi hingga terlibat dalam peredaran narkoba.

Pemecatan ke-11 anggota Polda Riau itu dipimpin langsung Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain. Kapolda mencopot pakaian polisi beserta pangkat yang dikenakan para anggota kepolisian tersebut. Baju ke-11 anggota polisi itu kemudian diganti dengan baju batik. 

Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain mengatakan, ke-11 anggota polisi yang dipecat umumnya melakukan pelanggaran disiplin yakni meninggalkan tugas selama 30 hari tanpa alasan yang jelas. 

Ia menyayangkan berbagai pelanggaran yang dilakukan anggota Kepolisian tersebut hingga akhirnya Polda Riau harus memberikan sanksi tegas berupa PTDH atau pemberhentian tidak dengan hormat.

"Hal ini menjadi pelajaran bagi personel kepolisian yang lain agar bersungguh-sungguh dan memiliki rasa tanggung jawab dalam menjalankan tugas," tegas Zulkrnain. 

Pimpinan di institusi Polri, kata Zulkarnain, tidak akan memberikan toleransi kepada para anggota kepolisian yang melakukan pelanggaran. "Bagi anggota yang melakukan pelanggaran tetap akan diberikan sanksi," ujarnya. 

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo menambahkan, selain disersi, ada juga anggota polisi dipecat karena terlibat kasus penyalahgunaan narkotika. 

"Oknum polisi tersebut terlibat dalam peredaran narkotika jenis sabu. Selain itu, ada juga yang melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Yang paling banyak itu disersi," kata Guntur saat ditemui Metrotvnews.com di ruang kerjanya, Kamis,31 Agustus 2017. 

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo

Selain ke-11 anggota polisi tersebut, tambah Guntur, Polda Riau juga sedang memproses PTDH 16 anggota kepolisian lainnya yang juga melakukan berbagai pelanggaran. 

"Total semuanya yang di-PTDH tahun ini mencapai 27 orang. Yang sudah dipecat 11 orang, menyusul 16 orang lainnya yang saat ini PTDH-nya sedang dalam proses," pungkas Guntur.

Ke-11 anggota kepolisian Polda Riau yang dipecat tersebut, yakni:
1. Brigadir Royen Silalahi, anggota Satbrimob Polda Riau.
2. Briptu Sautimal Pucer, Satbrimob Polda Riau.
3. Briptu Donny Pramana, Sabhara Polda Riau.
4. Brigadir Ade Winata, Pansik Yanma Polda Riau.
5. Aiptu Sumardi, anggota Polres Kampar.
6. Brigadir Ronny Sitinjak, anggota Polres Rokan Hilir (Rohil).
7. Brigadir Ade Tiyawarman, anggota Polres Rohil.
8. Briptu Berly Nopi, anggota Polres Rohil.
9. Bripda Suardi Yanto, anggota Polres Meranti.
10. Briptu Taufik Hidayat, anggota Polres Meranti.
11. Briptu Fakhrur Rozi, anggota Polres Kampar. 


(ALB)