Delapan Titik Api Kepung Provinsi Riau

Anwar Sadat Guna    •    Selasa, 25 Jul 2017 18:42 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Delapan Titik Api Kepung Provinsi Riau
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Delapan titik api terpantau di empat kabupaten di Provinsi Riau, Selasa, 25 Juli 2017. Delapan titik api itu ada di Kabupaten Bengkalis 2 titik api, Kabupaten Pelalawan 3 titik api, Rokan Hilir 1 titik api, dan Rokan Hulu 2 titik api. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau sudah melakukan operasi water bombing atau bom air di delapan titik api yang tersebar. Dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tersebut, BPBD Riau dibantu personel Korem 031/Wira Bima.

"Sejak pagi tadi para personel BPBD Riau berada di lapangan melakukan upaya pemadaman. Kami juga melakukan patroli di beberapa lokasi karhutla untuk memantau langsung operasi water bombing dari udara," ungkap Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger kepada Metrotvnews.com, Selasa, 25 Juli 2017.

Baca: Aceh Barat Diselimuti Kabut Asap

Operasi bom air menggunakan lima helikopter bom air bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kehutanan tersebut berlangsung hingga sore. 

Edwar menjelaskan, dalam operasi bom air di empat wilayah, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Abdul Karim turut serta melakukan patroli dari udara memantau operasi water bombing tersebut.

"Beberapa titik api akibat karhutla berhasil diatasi. Saat ini hanya tinggal proses pendinginan saja," jelas Edwar. 

Baca: Kebakaran Lahan Aceh Barat Meluas

Ia menambahkan, operasi pemadaman atau water bombing kemungkinan masih akan dilanjutkan esok hari. Masih ada satu titik api wilayah Bonai, Kabupaten Rokan Hulu yang masih harus diatasi. "Besok kami akan bergerak lagi untuk mengatasi satu titik api atau karhutla di Rokan Hulu," ujarnya.

 


(ALB)