Seksi I Tol Palindra Dibuka Fungsional Mulai H-7

Alwi Alim    •    Jumat, 16 Jun 2017 15:15 WIB
mudik lebaran 2017
Seksi I Tol Palindra Dibuka Fungsional Mulai H-7
Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol Hutama Karya, M Rizal Sucipto didampingi Kadiv Tol Palindra Hasan Turcahyo saat memberikan keterangan. (Metrotvnews.com/Alwi Alim)

Metrotvnews.com, Palembang: Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Palembang-Indralaya (Palindra) seksi I telah mencapai 87,97 persen. Ruas ini bakal dibuka secara fungsional mulai H-7 sampai dengan H+10 Lebaran 2017.

Seksi I tol Palindra sepanjang 8,5 kilometer dari Palembang menuju Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. "Terdiri dari tujuh kilometer jalan utama, aksesnya 1,5 km," kata Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol PT Hutama Karya (HK), M Rizal Sucipto saat memberikan keterangan di kantor HK Palembang, Jumat, 16 Juni 2017.

Rizal menjelaskan jalan tol sudah dilengkapi lampu jalan. Hanya saja, belum teraliri listrik. Pihaknya akan menyediakan generator set untuk mengaliri penerangan jalan.

HK juga akan bekerja sama dengan dinas perhubungan setempat untuk melengkapi rambu lalu lintas. "Kami juga menyediakan mobil derek di tol ini," terangnya.

Rizal memastikan tol dapat dilintasi tanpa pungutan alias gratis. Pihaknya juga akan mensterilkan tol dari sepeda motor dan warga. 

"Jalan tol ini biasanya dilalui dengan kecepatam tinggi, jadi sangat berbahaya bagi para pengendara bermotor," ujarnya.

Setelah masa fungsional berakhir (H+10), tol akan kembali ditutup. Rencananya, tol akan dioperasikan secara menyeluruh, baik seksi II dan seksi III.

Proses pembangunan seksi II (Pamulutan-KTM Rambutan) baru sekitar enam persen dari total panjang 4,9 km. Sedangkan seksi III (Kota Terpadu Mandiri Rambutan-Simpang Indralaya) sepanjang 9,93 km saat ini progresnya sekitar 64 persen.

"Targetnya akhir tahun ini semua seksi sudah dapat digunakan sehingga menjadi akses menjelang Asian Games 2018," pungkasnya.


(SAN)