Tiap Kelurahan di Batam Dapat Rp1,3 M untuk Bangun Jalan

Anwar Sadat Guna    •    Senin, 28 Jan 2019 10:19 WIB
infrastruktur
Tiap Kelurahan di Batam Dapat Rp1,3 M untuk Bangun Jalan
Ilustrasi uang, Medcom.id - M Rizal

Batam: Pembangunan infrastruktur di Batam, Kepulauan Riau, pun dilakukan di kelurahan. Pada 2019, Pemkot Batam meningkatkan alokasi Percepatan Infrastruktur Kelurahan (PIK) di kelurahan hingga Rp1,3 miliar.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemko Batam Yudi Admajianto, mengatakan anggaran PIK untuk pembangunan infrastruktur tiap kelurahan. Jumlah anggaran di 2019 lebih besar ketimbang tahun lalu yang hanya Rp1,1 miliar.

"Anggaran tersebut digunakan untuk membangun infrastruktur di kelurahan, seperti; jalan dan drainase termasuk parit," ungkap Yudi kepada Medcom.id, baru-baru ini.

Infrastruktur jalan dan drainase menjadi perhatian dalam penataan kota. Kelurahan juga mendapat kucuran anggaran dari pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan kelurahan.

Batam memiliki 64 kelurahan. Tiap kelurahan, lanjut Yudi, menerima anggaran DAK sebesar Rp350 juta. Itu sesuai dengan program Pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk membangun infrastruktur di seluruh kelurahan.

Dalam dua tahun terakhir, Pemkot Batam membangun sekaligus memperlebar 10 ruas jalan. Pemkot juga menargetkan proyek pembangunan jalan di beberapa lokasi di kota tersebut.


(RRN)