Belasan Sado Berastagi Ikuti Kirab Budaya Kahiyang di Medan

Farida Noris    •    Selasa, 21 Nov 2017 17:36 WIB
jokowi mantu
Belasan Sado Berastagi Ikuti Kirab Budaya Kahiyang di Medan
Sado atau delman dari Berastagi akan ikut dalam kirab budaya Bobby Afif Nasution- Kahiyang Ayu pada 26 November 2017. Foto Metrotvnews.com / Farida Noris

Medan: Sado atau delman dari Berastagi akan ikut dalam kirab budaya Kahiyang Ayu-Bobby Afif Nasution pada 26 November 2017. Bahkan 15 sado beserta kudanya itu dibawa langsung dari Berastagi, Kabupaten Karo, dengan menggunakan truk.

Kahiyang-Bobby akan diarak dari Medan Internasional Convention Centre (MICC) Jalan Gagak Hitam, menuju lokasi pesta di kediaman Bobby di Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi Indah yang jaraknya kurang lebih 2 km.

Sado yang biasa digunakan wisatawan di Berastagi itu nantinya akan membawa pihak keluarga dan pejabat negara yang akan mengikuti prosesi kirab budaya sebelum resepsi pernikahan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu Siregar berlangsung.

(Baca: Kahiyang Ayu Sah Bermarga Siregar)

Sarto Sembiring, salah satu kusir, mengaku bangga bisa ikut serta dalam acara pernikahan anak Presiden Jokowi. "Kita juga bisa promosikam sado Berastagi," kata Sarto usai simulasi atau gladi kirab budaya, Selasa, 21 November 2017.

Menurut Sarto dalam mengikuti acara kirab tersebut, ada 15 ekor kuda yang dibawa terdiri dari 13 ekor kuda betina dan 2 ekor kuda jantan. Namun saat ditanya berapa upah yang diberikan untuk mengikuti kirab budaya tersebut, Santo enggan untuk mengucapkannya.

(Klik: Marga Ini akan Saya Jaga dengan Baik)

"Saya kurang tau pasti. Cuma biasanya kalau sewa perhari Rp500 sampai Rp700 ribu. Ini kuda betina lebih gampang diatur. Kalau jantan harus lebih waspada," ujar pria yang sudah 10 tahun lebih menjadi kusir sado di Berastagi.

 


(SUR)