Warga Kota Medan Gelar Salat Gerhana Bulan

Farida Noris    •    Rabu, 31 Jan 2018 22:10 WIB
gerhana bulan
Warga Kota Medan Gelar Salat Gerhana Bulan
Umat muslim di Kota Medan menggelar salat gerhana bulan atau khusuf berjamaah di sejumlah titik. Foto: Medcom.id/Farida Noris

Medan: Umat muslim di Kota Medan menggelar salat gerhana bulan atau khusuf berjamaah di sejumlah titik. Salat sunnah dua rakaat dilaksanakan saat fenomena super blue blood moon berlangsung pada Rabu, 31 Januari 2018.

Salah satunya digelar di Kampus Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Denai, Medan Denai. Warga tampak berbondong-bondong melaksanakan salat gerhana.

"Saat terjadi fenomena gerhana bulan kita dianjurkan untuk mengerjakan shalat sunah dua rakaat atau shalat sunah khusuf. Shalat sunah ini terbilang sunah muakkad," kata Rektor UMSU, Agussani di Kampus pasca sarjana UMSU, Rabu, 31 Januari 2018

Warga memang banyak berdatangan ke UMSU karena Observatorium Ilmu Falak menyiapkan enam teleskop yang bisa dipakai. Teleskop itu diletakkan di pelataran halaman UMSU agar warga bisa bergantian melihat gerhana bulan total dengan lebih jelas.

"Semuanya bisa digunakan warga. Jadi super moon tampak lebih jelas dan indah bila memakai teleskop," ujar salah seorang petugas.

Usai melaksanakan salah Gerhana Bulan tersebut, masyarakat juga terlihat saling bergantian melihat gerhana bulan tersebut dengan menggunakan teleskop.


(SUR)