Pasangan Syamsuar-Edy Kenakan Telok Belanga Daftar ke KPU Riau

Anwar Sadat Guna    •    Senin, 08 Jan 2018 12:45 WIB
pilkada 2018
Pasangan Syamsuar-Edy Kenakan Telok Belanga Daftar ke KPU Riau
Suasana di Kantor KPU Riau saat pasangan Syamsuar-Edy mendaftar di Pilgub Riau 2018, Senin, 8 Januari 2018, Medcom.id - Anwar Sadat Guna

Pekanbaru: Pasangan Syamsuar-Edy Nasution mendaftar ke KPU Riau sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. Prosesi penyerahan berkas terbilang unik, layaknya akad nikah.

Sekitar pukul 11.15 WIB, Senin, 8 Januari 2018, Syamsuar dan Edy tiba di Kantor KPU Riau. Kedatangan mereka disambut meriah. Utusan dari partai pengusung hadir. Tarian persembahan adat Melayu pun menyemarakkan acara.

Syamsuar dan Edy mengenakan kostum khas masyarakat adat melayu Riau. Keduanya kompak mengenakan pakaian Telok Belanga putih lengkap dengan tutup kepala. Keduanya didampingi istri yang mengenakan baju kurung.

Ketua KPU Riau Nurhamin menyambut kedatangan pasangan yang diusung empat partai itu. Nurhamin dan komisioner KPU juga mengenakan pakaian Telok Belanga. Kedua pihak pun berbalas pantun untuk memulai acara.

Lalu, mereka menuju lantai dua bangunan yang berlokasi di Kota Pekanbaru tersebut. Pantauan Medcom.id, ruangan di lantai dua disulap dengan dekorasi menyerupai acara pernikahan. Di bagian tengah, sebuah pelaminan ditempatkan dengan nuansa merah keemasan. Di situlah, pasangan calon gubernur-wakil gubernur duduk sembari komisioner KPU memeriksa berkas pendaftaran.

"Dengan ini, kami dari Koalisi Riau Bersatu yang terdiri dari PAN 7 kursi, PKS 3 kursi, dan NasDem 3 kursi. Total sebanyak kursi 13 kursi. Dengan mengucapkan Bismillahirahmanirrahim. Kami ke sini mendaftarkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 sebagai syarat pencalonan Pilgub Riau 2018. Agar kiranya kedatangan dan pendaftaran pasangan ini diterima," kata Irwan, Ketua DPW PAN Provinsi Riau.

Ucapan tersebut langsung disambut Ketua KPU Riau Nurhamin. "Kami terima pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 Bapak Syamsuar dan Edy Nasution sekaligus melakukan pemeriksaan berkas pencalonan pasangan ini di KPU," kata Nurhamin. 

Sontak komisioner KPU Riau beteriak pelan: sah. Lalu tamu pun menyambut dengan ucapan serupa. Pasangan Syamsuar dan Edy langsung bersalaman dengan Ketua dan Komisioner KPU Riau. 

Kedua pasangan ini selanjutnya kembali ke pelaminan sembari menunggu KPU memeriksa berkas pendaftaran dan pencalonan Syamsuar dan Edy. Sekadar diketahui, Syamsuar adalah Bupati Kabupaten Pelalawan. Sedangkan pasangannya, Edy Nasution adalah Danrem 031/Wirabima Pekanbaru. Pasangan tersebut mendapat dukungan dari PAN, PKS, NasDem, dan PKPI.


(RRN)