157 Pengungsi Rohingya Ditargetkan Ikut Wawancara

Budi Warsito    •    Selasa, 22 Nov 2016 19:41 WIB
rohingya
157 Pengungsi Rohingya Ditargetkan Ikut Wawancara
Anak-anak pengungsi Rohingya bermain di penampungan di Medan, MTVN - Budi Warsito

Metrotvnews.com, Medan: Proses wawancara warga etnis Rohingya Myanmar berlangsung selama kurang lebih enam bulan. Wawancara dilakukan untuk menentukan warga Rohingya yang berangkat ke Amerika Serikat.

Wawancara berlangsung di tempat penampungan pengungsi Rohingya di Hotel Beraspati Medan, Sumatera Utara. Wawancara dilakukan sebelum mereka dipindahkan ke AS. Petugas dari Kedutaan Besar AS pun turut menyaksikan wawancara.

"Kalau tidak selesai dalam waktu enam bulan, akan kami kembalikan lagi ke penampungan asal yaitu di Aceh," kata Kepala Sub Pengawasan Orang Asing Imigrasi Polonia Medan Torang Pardosi, di Hotel Beraspati, Selasa (22/11/2016).

Hari ini, 19 pengungsi didatangkan dari Aceh ke Medan. Gelombang berikutnya, sebanyak 12 pengungsi didatangkan lagi dari Aceh untuk mengikuti wawancara.

Baca: 19 Pengungsi Rohingya Diwawancara untuk Pindah ke AS

Torang mengatakan 16 warga Rohingya sudah berangka ke sejumlah negara yaitu Australia, Amerika, dan Jerman. Hingga 2017, kata Torang, sebanyak 157 orang yang ditargetkan mengikuti wawancara. Selain itu, mereka juga harus menjalani cek kesehatan. Setelah lulus, mereka akan mendapat paspor.

Saat ini, kata Torang, pengungsi Rohingya di Hotel Beraspati sebanyak 186 orang. Mereka masuk ke Aceh dan Medan sejak 2015 hingga 2016.

"Kalau pengungsi yang di Hotel Beraspati belum tahu seperti apa proses dan tujuan negara ketiganya," kata Torang.


(RRN)