Foto Pejabat Pemerintah Kota Medan Naik Jet Mewah Menuai Kritik

Budi Warsito    •    Rabu, 21 Sep 2016 19:21 WIB
media sosial
Foto Pejabat Pemerintah Kota Medan Naik Jet Mewah Menuai Kritik
Kepala Bagian Umum Sekretaris Daerah Kota Medan M Andi Syahputra di jet mewah (Foto: dok/Facebook)

Metrotvnews.com, Medan: Beredar sejumlah foto yang diduga para pejabat Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, sedang menikmati perjalanan menggunakan jet pribadi nan mewah. Foto-foto itu menuai kritik dari masyarakat Kota Medan dan sejumlah netizen di media sosial.

Masyarakat menduga pejabat di jajaran Pemkot Medan itu menghambur-hamburkan uang. Bahkan ada yang menuding pejabat daerah itu menikmati hasil gratifikasi.

Kritikan itu berawal dari foto yang diunggah Kepala Bagian Umum Sekretaris Daerah Kota Medan M Andi Syahputra melalui akun Facebook pribadi. Ia menulis "Perjalanan yang tak terlupakan" di foto itu. 

Dalam foto itu Andi tengah duduk santai di kursi pesawat jet mewah bersama beberapa orang lainnya. Informasi yang diperoleh, saat itu Andi bersama Walik Kota Medan Dzulmi Eldin, Asisten Pemerintahan Musadad Nasution, Kepala Dinas Pendapatan M Husni, Kepala Dinas Perhubungan Renward Parapat beserta staf Bappeda Kota Medan. 

Foto itu pun menuai kritikan dalam hitungan menit setelah diunggah. Tak lama, foto itu dihapus dari laman Facebook.

Foto-foto itu dihubung-hubungkan dengan perjalanan Andi bersama sejumlah pejabat Pemkot Medan ke Taiwan, pada Senin 5 September dan kembali ke Tanah Air pada Jumat 9 September 2016. Saat itu mereka menghadiri Global Harbor Cities Forum di Exhibition Center Kaohsiung, Taiwan. 
Foto diduga pejabat Pemkot Medan sedang berada di pesawat jet pribadi (Foto: dok/Facebook)
Namun, kabar tersebut dibantah oleh pejabat yang didampingi Andi. Mereka menyatakan, saat itu mereka ke Taiwan menggunakan pesawat komersil.

Sementara itu, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Medan Budi Hariono mengakui Wali Kota Medan Dzulmi Eldin memang berangkat ke Taiwan bersama sejumlah pejabat Pemkot Medan. Tetapi dia tak tahu soal maskapai yang digunakan dalamperjalana dinas itu. 

"Enggak tahu apakah dia (Andi) naik pesawat pribadi atau enggak. Dia lah yang tahu," kata Budi Hariono.

Hingga saat ini, Andi belum dapat dikonfirmasi terkait foto-foto itu. Andi tak berada di kantor dan ponselnya tak aktif sata dihubungi.


(TTD)