Kahiyang dan Bobby Bakal Disambut Upacara Haroan Boru

Farida Noris    •    Sabtu, 18 Nov 2017 20:14 WIB
jokowi mantu
Kahiyang dan Bobby Bakal Disambut Upacara Haroan Boru
Paman Bobby, Erwan Nasution--Farida Noris/MTVN

Medan: Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan sang suami, Muhammad Bobby Arif Nasution bakal tiba di Medan pada Minggu, 19 November 2017 pagi. Pengantin baru ini akan disambut dengan upacara Haroan Boru di kediaman orangtua Bobby, di Komplek Bukit Hijau Regency (BHR) Setia Budi. 

Jika di Solo telah diadakan acara adat keagungan budaya Jawa, maka di Medan akan dilakukan acara Haroan Boru, mengingat Bobby merupakan putra Mandailing. Dalam tradisi Mandailing, ada adat istiadat yang terpelihara beratus tahun yang berhubungan dengan rangkaian prosesi adat pernikahan.

"Acara adat pertama yang dilaksanakan adalah menerima kedatangan pengantin. Untuk menyambut kedatangan tersebut diadakanlah acara adat Haroan Boru," ucap Paman Bobby, Erwan Nasution, Sabtu 18 November 2017.

Sebelum menikah dengan Bobby, putri semata wayang Jokowi dan lriana ini sudah beberapa kali berkunjung ke rumah orangtua Bobby. Namun, kunjungan ini merupakan pertama kalinya Kahiyang sebagai istri Bobby berkunjung ke rumah mertuanya.

Erwan menambahkan, Sebelum Bobby dan Kahiyang Ayu beserta keluarga dari Solo tiba, di rumah orangtua Bobby telah berkumpul sanak keluarga dan juga pengetua-pengetua adat. Begitu keduanya tiba di depan pintu rumah orangtua Bobby, mereka akan disambut oleh Ibu Ade Hanifah Siregar, Ibunda Bobby.

Baca: 15 Kegiatan Digelar dalam Rangkaian Unduh Mantu Kahiyang-Bobby

Kemudian, Ade Hanifah akan menuntun pengantin baru ini masuk ke dalam rumah. Pada pintu rumah telah disiapkan berbagai jenis tumbuhan, antara lain batang pisang yang harus diinjak Kahiyang ketika memasuki rumah.

"Makna batang pisang dan tumbuhan lainnya yang ada di sana merupakan perlambang keinginan agar kehadiran Kahiyang di rumah mertuanya membawa suasana kesejukan dan kedamaian. Oleh karena itu, batang pisang dan tumbuhan lainnya itu disebut dengan istilah 'dingin dingin'," urainya.

Sesudah Bobby dan Kahiyang didudukkan di atas Amak Lampisan, yaitu tikar adat yang terdiri dari beberapa lapis maka acara dilanjutkan dengan kata-kata sambutan baik yang disampaikan keluarga dari Solo maupun keluarga dari Medan.

Baca: Lahan Parkir Seluas 3 Hektare Siap Tampung Tamu Unduh Mantu

"lnti kata sambutan keluarga yang ada di Medan menyatakan kegembiraan serta mengucap syukur pemikahan di Solo telah berjalan dengan baik. Rasa gembira juga menyelimuti keluarga karena pada hari tersebut Kahiyang Ayu sudah datang di rumah mertuanya dan sudah resmi menjadi bahagian keluarga besar Nasution," ungkapnya. 

Sesudah beberapa kata sambutan, Kahiyang dan Bobby disuguhkan itak, makanan khas Mandailing  dan makanan lainnya. Kemudian acara Haroan Boru ditutup dengan mendengar kata pasu-pasu atau kata-kata yang mengandung restu yang disampaikan oleh pimpinan sidang yang disebut Raja Panusunan.




(DMR)