Empat Paus Mati di Pantai Ujung Kareung Aceh

Antara    •    Selasa, 14 Nov 2017 10:29 WIB
paus terdampar
Empat Paus Mati di Pantai Ujung Kareung Aceh
Petugas dan warga mengevakuasi paus sperma yang terdampar di Pantai Ujong Kareung, Aceh Besar, Senin 13 November 2017, Ant - Irwansyah Putra

Banda Aceh: Empat paus ditemukan mati di tiga lokasi terpisah di Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, ditemukan mati. Kondisi itu menarik perhatian warga setempat, Selasa 14 November 2017.

Empat paus itu merupakan bagian dari kawanan mamalia yang terdampar di Pantai Ujung Kareung, Gampong Durung, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar. Sedangkan paus-paus lain yang kemarin terdampar tak tampak lagi. Kawanan paus yang masih hidup dibawa ke perairan dalam.

Baca: Kawanan Paus Terdampar di Perairan Aceh Besar

Muhammad Rusli, warga setempat, mengatakan tiga paus mati ditemukan sekira pukul 03.00 WIB. Sedangkan seekor lagi ditemukan di pinggir pantau beberapa jam kemudian.

"Paus ke empat, diperkirakan mati di perairan dalam setelah berhasil dievakuasi ke tengah laut. Kemudian, paus tersebut terseret arus ke pantai," ungkap Rusli.

Rusli mengatakan evakuasi berlangsung kemarin malam. Warga menarik paus dengan kapal motor. 

Kepala Bidang Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Dinas Kelautan Perikanan Aceh Teuku Nurmadi mengatakan kawanan itu berjenis paus sperma. Mereka hidup dengan bergerombolan.

"Ketika ada dari anggota kawanan yang menuju ke pantai yang lain juga mengikutinya, sehingga terdampar di tempat ini," kata dia.

Teuku Nurmadi mengatakan, paus terdampar di Aceh jarang terjadi. Kemungkinan kawanan paus tersebut terdampar karena dalam perjalanan migrasi.

"Kami tidak tahu dari mana kawanan paus ini dan akan bermigrasi ke mana. Begitu juga dengan luka yang dialami beberapa ekor paus tersebut, belum diketahui pasti penyebabnya," kata Teuku Nurmadi.


(RRN)