20 Hektare Lahan Terbakar di Kepulauan Meranti

   •    Rabu, 26 Jul 2017 13:12 WIB
kebakaran lahan dan hutan
20 Hektare Lahan Terbakar di Kepulauan Meranti
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Sekitar 20 hektare lahan di Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, terbakar sejak Selasa. Faktor lahan gambut dan angin kencang menyebabkan api cepat membakar lahan, dan upaya pemadaman dilakukan hingga Selasa tengah malam.

"Kebakaran terjadi di 20 hektare lahan gambut dan semak belukar Dusun Sagu-Sagu, Desa Lukit, Kecamatan Merbau," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Rabu 26 Juli 2017.

Kepala Kepolisian Sektor Merbau AKP Amir Husin bersama sembilan polisi, enam personel TNI, 25 anggota Masyarakat Peduli Api Desa Lukit, dan 13 karyawan PT EMP berjibaku memadamkan api.

"Sampai Selasa malam 25 Juli sekitar pukul 23.00 WIB, lahan yang terbakar masih sedang dipadamkan," ujar Guntur.

Titik-titik panas di Pulau Sumatera dan Provinsi Riau terus terpantau sejak awal pekan ini. Satuan tugas (Satgas) Penanggulangan Karhutla Riau terus meningkatkan koordinasi guna mengatasi kebakaran.

Pemerintah Provinsi Riau pada awal tahunh mengambil tindakan cepat dengan menetapkan status siaga penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Status itu telah diperpanjang hingga November 2017.

Kini pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantu Riau dengan mengerahkan lima pesawat helikopter pengebom air jenis Sikorsky, MI-171 dan MI-172.

Helikopter itu menjadi andalan Pemerintah Riau yang tergabung dalam Satgas Karhutla dalam menanggulangi kebakaran. (Antara)


(ALB)